Ini Akibatnya Jika Sembarangan Mengganti Spion Sepeda Motor, Lihat yang Terjadi

Ini Akibatnya Jika Sembarangan Mengganti Spion Sepeda Motor, Lihat yang Terjadi – Saat ini tak dapat dipungkiri bila banyak orang sering menganggap bahwa kaca spion sepeda motor bawaan original dari pabrik itu selalu mengganggu. Karena, kaca bawaan ini umumnya terlihat begitu lebar. Dengan begitu, hal ini membuat semua orang menjadi merasa tidak nyaman saat bermanuver di jalanan di tengah kemacetan lalu lintas. Akhirnya, tak heran bila banyak orang mulai mengganti spionnya dengan yang berukuran lebih kecil.

spion sepeda motor

Padahal, ternyata mengganti kaca spion bawaan dengan menggunakan merk after market itu sangat tidak direkomendasikan! Hal ini bisa membuat Anda kehilangan atas fungsi kaca spion motor itu sendiri. Mengingat kaca spion dari bawaan itu sudah didesain secara khusus berdasarkan spesifikasinya, maka posisi riding untuk setiap motor menjadi tidak sama. Ada yang harus duduk tegak, ada juga yang posisinya sedikit menunduk.

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Mengecek Busi Motor, Milikmu Seperti Apa?

Untuk lebar stangnya juga selalu tidak sama untuk setiap motor. Sehingga, derajat kemiringan dari spion sepeda motor bawaan itu memang sudah didesains ecara khusus agar mudah dilihat oleh pengendara. Misalnya saja, bila spion motor Anda berukuran sebesar 15 cm, setelah itu Anda menggantinya dengan kaca yang berukuran sebesar 10 cm saja, maka hal ini akan membuat kondisi jalan dibagian belakang menjadi tidak terlihat. Cuma ada tangan sang pengendara saja yang bisa tertangkap ke dalam pantulan kaca spion tersebut.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Disamping itu, spion bawan dari pabrik itu umumnya sangat berguna sekali ketika dipakai untuk selap-selip di jalanan yang macet. Mau tahu alasannya? Karena desain dari kaca spion yang standar ini umumnya jauh lebih lebar dari pada dibagian stang motor. Maka dari itulah, bila Anda ingin berkendara tepat ditengah 2 mobil yang sedang merayap, maka pengendara dapat memperkirakan masuk atau tidak stang lewat kaca spion.

Adanya kaca spion pada sebuah sepeda motor itu umumnya menjadi salah satu bagian keamanan yang berperan penting sekali untuk sepeda motor. Pasalnya, naik motor itu umumnya jauh lebih beresiko lebih besar dari pada naik motor. Supaya lebih aman di jalanan, maka salah satu cara untuk melakukannya maka Anda harus lebih rajin dalam memantau kondisi lalu lintas tepat dibelakang jalan menggunakan 2 kaca spion yang terdapat di bagian stang motor.

Tapi, tahukah Anda bahwa kabarnya ada Spion senilai 3 jutaan rupiah untuk motor Yamaha Nmax? Seperti apakah itu? Bila dilihat dari segi harganya, nilai 3 juta rupiah itu tentu saja bukanlah uang yang kecil untuk membayar sepasang spion motor. Namun, berkat spion inilah akan membuat tunggangan motor Anda menjadi telrihat lebih kece dan berbeda. Sementara itu, untuk harganya bisa dikesampingkan.

Misalnya saja, seperti spion dari motor Yamaha Kawasaki ZX10R yang kini sedang diburu oleh banyak orang, khususnya untuk pengguna motor Yamaha XMAX 250. Dengan lampu sein yang dibuat menyatu dibagian tangkai spion, sehingga hal ini membuat pemakaian spion ZX10R diklaim bisa memberikan tampilan motor yang lebih mewah, kekar, dan sporty.

Namun sayangnya, untuk bisa memilikinya cukup sulit. Karena motornya juga mahal,  sehingga hal ini membuat spion original menjadi lebih mahal dicari. Namun, untuk Anda yang ingin replikanya juga bisa. Hanya saja, meskipun hanya replika, ternyata harganya tetap mahal. Yaitu, senilai 1,5 juta rupiah sampai dengan 2 juta rupiah.

Ini Akibatnya Jika Sembarangan Mengganti Spion Sepeda Motor, Lihat yang Terjadi | Sinta Rizki Fadila | 4.5