Syarat Bayar Pajak Motor yang Harus Dipenuhi

Syarat bayar pajak motor yang harus dipenuhi – Setiap kendaraan bermotor selalu memiliki sebuah paja yang harus dibayar setiap tahun. Namun sayangnya ternyata ada banyak juga para pengguna motor yang tidak tahu bagaimana syarat bayar pajak motor yang harus dipenuhi.

Beberapa dari mereka tidak tahu bagaimana cara membayar pajak dikarenakan mereka malas untuk melakukannya sendiir dan malas berhubungan dengan pihak birokrasi. Hal ini tak lain karena orang tersebut tidak tahu bagaimana tata cara untuk membayar sebuah pajak tersebut.

Baca juga: Cara Cek Pajak Motor secara Online

Maka dari itulah, bila Anda mempunyai banyak waktu luang dan ingin membayar pajak Anda sendiri, maka sebaiknya siapkan semua dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Syarat Bayar Pajak Motor

Langkah – Langkah Bayar Pajak Motor

Pertama, Anda harus mengisi sebuah formulir untuk permohonan perpanjangan STNK berdasarkan data STNK dan juga BPKB. Anda akan mendapatkan form ini secara lengkap, tepat di loket pendaftaran di samsat setempat. Formulir tersebut harus diisi dengan lengkap dan harus dilampiri juga dengan beberapa berkas yang memang dibutuhkan.

Beberapa berkas yang diperlukan sebagai salah satu syarat bayar pajak motor itu adalah sebagai berikut ini:

  1. STNK asli dan foto copyannya
  2. Fotocopy an BPKB
  3. KTP asli dan foto copy annya sesuai dengan BPKB dan STNK

Syarat Perpanjangan STNK untuk 5 Tahunan



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Cek fisik motor
  2. STNK yang asli dan fotocopyannya
  3. Fotocopy BPKB
  4. KTP yang asli dan fotocopy annya sesuai dengan BPKB dan STNK

Kedua, bila sudah mengisi formulir selenkgapnya, makaberkas permohonannya itu dikumpulkan di loket penyerahan berkas.

Ketiga, bila sudah, Anda akan diberikan sebuah slip pembayaran pajak yang tercantum jumlah pajak yang wajib dibayar di dalamnya. Dimana itu artinya Anda harus segera membayar disesuaikan dengan nominal yang tertera pada form pajak tersebut.

Keempat, serahkan slip pembayaran dan uang yang dipakai untuk membayar sesuai dengan besaran biaya pajak yang wajib dibayar ke kasir. Sehingga, semuanya bisa segera diproses lebih cepat lagi. Dengan begitu, psrosesnya pun bisa berjalan dengan lancer.

Kelima, setelah melakukan pembayaran, Anda akan diberikan sebuah bukti pelunasan pembayaran pajak yang kemudian harus Anda serahkan ke loket untuk pengambilan STNK.

Nah, jika semuanya sudah dilakukan, maka itu artinya proses untuk pembayaran pajak sudah selesai untuk diproses. Sehingga, itu artinya pajak kendaraan motor Anda telah selesai di bayarkan, tentunya dengna nominal yang ditentukan.

Untuk proses syarat bayar pajak motor yang digunakan untuk 5 tahunan ini sesudah Anda membayar pajak STNK, maka Anda harus membawa bukti pembayaran itu ke tempat loket pengambilan TNKB atau bisa disebut juga dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor agar bisa mendapatkan plat nomor kendaraan yang khusus dan baru dengan tujuan untuk melewati perpanjangan pajak motor tahunan yang bisa juga melewati Samsat keliling atau menggunakan Gerang samsat.

Yang pasti, jangan pernah lupa membawa BPKB yang asli dan juga KTP yang asli untuk bukti tentang keaslian dari motor Anda tersebut.

Nah, itu tadi adalah beberapa syarat bayar pajak motor yang harus dipenuhi bagi pengguna kendaraan bermotor. Bagaimana pun juga pengguna kendaraan bermotor itu wajib memahami tentang persyaratan untuk membayar pajak motor. Jika tidak, maka Anda bisa dihukum karena telah melanggar peraturan pemerintah. Semoga artikel kali ini berguna untuk Anda. Dan selamat membaca.

Syarat Bayar Pajak Motor yang Harus Dipenuhi | Sinta Rizki Fadila | 4.5