Tanda-Tanda Motor Butuh Diservis agar Tidak Mogok

Tanda-Tanda Motor Butuh Diservis agar Tidak Mogok – Setiap barang yang digunakan sehari-hariitu selalu saja mengalami penurunan dan perubahan fungsi. Hal ini berlaku sama pada motor juga. Suku cadang motor yang selalu digunakan setiap hari bisa juga mengalami aus. Bila sudah begini, tentu saja hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan juga keawetan dari motor Anda sendiri. Bahkan, hal ini juga membuat keselamatan Anda menjadi terganggu, bila motor yang Anda kendarai mengalami kendala atau masalah.

Baca Juga : Review Motor Suzuki GSX S150 Terbaru 2018

Terlepas dari adanya ojek online yang ada saat ini, untuk Anda yang memiliki motor pribadi di rumah harus tahu kapan waktunya motor itu butuh diservis. Maka dari itulah, bila Anda masih bingung mencari tahu seperti apakah tanda-tanda motor butuh diservis supaya tidak mogok, sebaiknya simak saja selengkapnya di bawah ini:

Pertama, motor yang sulit dihidupkan di pagi hari. Jangankan untuk menytarter secara otomatis, untuk menggunakan kick starter sampai lelah baru bisa dinyalakan. Ini bukan masalah sepele atau karena masalah kedinginan saja. Hal yang seperti init idak boleh dibiarkan begitu saja. karena mesin motor yang sulit dinyalakan di pagi hari itu bisa saja terjadi karena busi atau karburator motor ada yang kotor. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi ketika setelan klep mulai berubah. Sehingga, bila hal ini terjadi pada motor Anda, maka kini saatnya Anda membawanya ke bengkel terdekat di rumah Anda sebelum terlambat.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Kedua, suara mesin motor yang terdengar kasar dan bahkan knalpot yang sampai meletup dan berbunyi, seperti pletak pletok ketika sedang dinyalakan, ini adalah salah satu pertanda bahwa motor harus segera diservis. Ini berlaku sama untuk motor matic ataupun motor manual. Bila hal ini terjadi, maka ini adalah salah satu kode dan tanda-tanda motor butuh diservis segera. Karena, suara mesin motor yang kasar ini sebenarnya bisa saja terjadi karena adanya setelan klep dari bahan bakar yang mulai kendur, mesin oli yang terlalu encer dan sudah jelek, dan mengalami keausan di bagian rantai dan busi motor. Sehingga, harus segera diperbaiki dan diservis.

Ketiga, ketika dinyalakan, getaran mesin motor mulai meninggi, dengan begitu motor menjadi kurang mulus saat sedang dinaiki. Getaran mesin motor yang terlalu tinggi ini bisa saja terjadi karena adanya setelan karburator yang tidak pas atau terlalu besar. sehingga, setelan klep atau dibagian baut mountingnya menjadi kendur dan bermasalah.

Ke-empat, tarikan mesin terasa berat meskipun sudah berpindah gigi, namun masih tetap brebet juga merupakan salah satu tanda-tanda motor butuh diservis dan indikasi bahwa motor butuh diservice segera. Ini bisa terjadi karena pergantian oli yang tidak begitu terasa dan mulai melemah, karburator motor yang kemasukan oleh air, kepala silinder yang mulai kotor, dan oli yang kebanyakan.

Kelima, untuk motor manual, permasalahan yang terjadi bisa berupa kesulitan dalam memindahkan gigi. Ini bisa saja terjadikarena setelan kopling yang terlihat tidak pas dan mulai berubah. Dengan begitu, pengoperan gigi ini menjadi lebih keras. Dimana tarikan awalnya sedikit tertahan, sehingga motor baru bisa lari bila putarannya sudah sedikit tinggi.

Ke-enam, motor yang tidak mau stasioner, melambat, dan sering mati mendadak. Masalah yang seperti ini bisa saja terjadi karena karburator motor yang kotor dan setelannya mulai berubah. Ini juga dapat terjadi ketika busi mulai jelek. Namun, bila mesin motor sering mati mendadak, umumnya ini terjadi karena baut platinanya mulai longgar, dan jet langsam dibagian karburatornya tersumbat. Sehingga, perlu diperbaiki segera.

Tanda-Tanda Motor Butuh Diservis agar Tidak Mogok | Sinta Rizki Fadila | 4.5