Tipe Accu Motor Terbaik yang Wajib Dipahami

Tipe Accu Motor Terbaik yang Wajib Dipahami

Accu Motor Terbaik  – Aki berperan sangat penting pada sepeda motor, Aki memegang kendali pada penyuplaian listrik untuk seluruh kebutuhan sepeda motor, pada umumnya aki yang digunakan motor memiliki tegangan 12 volt dengan kapasitas yang bervariasi mulai dari 2 ampere hingga 8 ampere, pada bagian dalam aki terdapat sel – sel khusus penyimpan arus listrik dengan bantuan elektrolit H2SO4.

Tipe aki yang beredar di pasaran pun cukup bervariasi, jenis aki motor tersebut mempunyai kapasitas yang berbeda – beda yang disesuaikan dengan kebutuhan sepeda motor dari berbagai tipe, oleh karena itu brader harus mengetahui jenis aki untuk motor yang tepat, agar tidak keliru saat hendak mengganti aki nantinya, Otorider.net sudah menyiapkan ulasan mengenai Accu Motor Terbaik serta jenis accu sepeda motor yang sudah dikemas agar mudah dimengerti.

Jenis Aki Untuk Motor

Aki Basah

Accu Basah GS

Aki ini sangat umum digunakan dan mudah sekali ditemukan di bengkel motor biasa, accu basah merupakan aki standar pada motor sebelum tahun 2010 an (motor keluaran sekarang mulai diganti aki kering),di dalam aki ini terkandung larutan elektrolit asam sulfat (H2SO4).

Hampir keseluruhan populasi motor di Indonesia masih didominasi oleh penggunaan aki basah, terutama pada motor – motor lawas yang masih menggunakan karburator dan sistim kelistrikan AC, aki tipe ini sangat ekonomis, harga accu motor pun relatif murah dan  bisa digunakan berkali – kali serta perawatan rutinnya cukup mudah.

Aki Kalsium

Aki Kalsium BOSCH

Tipe aki kalsium cukup mirip dengan aki basah, perbedaannya terletak pada kutub positif dan kutub negatifnya yang terbuat dari bahan kalsium, aki jenis ini juga cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia, Itu dikarenakan rata – rata orang Indonesia hanya mengetahui 2 jenis aki, yakni aki basah dan aki kalsium, Aki kalsium memiliki kemampuan penyimpanan arus listrik yang lebih baik dibanding aki basah.

Simak juga ulasan: Tips Memperbaiki Aki Kering Motor



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Aki Hybrid

Aki Hybrid GS

Sesuai dengan namanya, aki hybrid menggabungkan 2 tipe aki, yakni aki basah dan aki kalsium menjadi satu, perbedaannya dibanding aki lain terletak pada bahan kutub – kutubnya, kutub positif terbuat dari bahan Low Antimonial (seperti aki basah) dan kutub negatif menggunakan bahan kalsium (seperti aki kalsium).

Usia pemakaian aki ini lebih baik dari aki basah, tingkat penguapan elektrolitnya pun lebih kecil daripada aki basah, secara umum daya tahan aki hybrid memang lebih baik dari aki basah, aki kalsium dan aki kering ,namun aki kurang populer oleh masyarakat karena jarang ada yang tahu.

Aki MF (Maintenance Free)

Accu Kering Yuasa

Aki Maintenance Free ini lebih dikenal brader dengan nama aki kering, walaupun namanya aki kering, namun tetap saja memiliki larutan elektrolit didalamnya untuk mengaktifkan sel – sel penyimpan arus listrik, aki ini memiliki segel khusus yang sangat kuat sehingga mampu menahan penguapan dari larutan elektrolit pada aki, hasilnya cairan tidak dapat menguap melewati segel sehingga tidak perlu repot – repot mengisi ulang cairan, oleh karena itu aki ini disebut Maintenance Free.

Aki bebas perawatan dan penggantian air aki secara rutin, penggunaannya pun praktis dan mampu menunjang beban listrik tambahan (dari aksesoris – aksesoris motor yang butuh listrik).

Aki Gel

Aki Gel

Aki Gel adalah terobosan terbaru dalam sistim kelistrikan aki, jika jenis lain menggunakan cairan elektrolit dalam menyimpan arus listrik yang mudah sekali tumpah, menguap dan bocor, namun aki ini menggunakan Gel khusus sebagai elektrolitnya.

Beberapa produsen aki mengklaim bahwa umur aki ini bisa bertahan hingga 2x lebih lama dibanding aki biasa yang kadang sudah rusak sebelum usianya habis, sementara teknologi gel memungkinkan aki dapat dibolak – balik tanpa khawatir elektrolitnya tumpah (mampu menahan goncangan hebat).

Nah itulah jenis aki motor yang bagus bagi brader yang hendak mengganti aki, bisa disesuaikan dengan selera dan keperluan motor brader, mungkin dikemudian hari teknologi aki akan semakin maju dan melahirkan terobosan – terobosan penyimpanan listrik yang lebih canggih.

Demikian ulasan mengenai Accu Motor Terbaik  semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • aki motor terbaik (330)
  • merk aki kering motor yang bagus (247)
  • aki motor yang bagus (170)
  • aki kering motor yang bagus (102)
  • aki kering motor yang paling bagus (85)
  • merk aki motor yang bagus (74)
  • merk aki kering yang bagus (60)
  • aki kering yang bagus untuk motor matic (59)
  • accu motor terbaik (55)
  • aki kering terbaik (55)
Tipe Accu Motor Terbaik yang Wajib Dipahami | Sabian | 4.5