Tipe Aki Motor yang Harus Diketahui Bikers

Aki motor – Bagi para pengguna kendaraan bermotor tentu sepakat kalau kehadiran aki sangat penting bagi kelangsungan kendaraannya. Pasalnya aki memang menjadi komponen tak terpisahkan dari kendaraan bermotor. Hampir semua kendaraan bermotor mengaplikasikan aki motor sebagai baterai dan menyimpan listriknya sehingga kendaraannya bisa jalan.

Baca : 8 type motor yang nyaman untuk perjalanan mudik lebaran (2017)

Pada sebuah kendaraan bermotor, aki yang dikenakan tentu berbeda – beda. Perbedaan ini tergantung pada ampere meter akinya. Ada motor yang menggunakan aki motor ampere kecil dan ada juga aki motor ampere besar yang digunakan pada kendaraan. Tentu pemilihan apakah sebuah motor menggunakan aki ampere kecil atau aki motor ampere besar tergantung pada kebutuhan dayanya. Bukan berarti motor dengan aki motor ampere besar lebih baik dibandingkan dengan motor yang menggunakan aki motor ampere kecil dan sebaliknya. Di pasaranpun kini dapat kita temukan dengan mudah banyak tipe aki motor yang beredar. Sebelum kita memutuskan untuk memilih tipe aki yang tepat untuk motor, ada baiknya Anda tahu dulu tipe – tipe aki yang biasa digunakan untuk motor entah aki kecil atau aki motor besar.

Tipe Aki Motor yang Biasa Digunakan

Aki motor basah

<center>Aki motor basah</center<

Aki motor basah

Tipe aki yang satu ini memang tipe aki motor besar yang umum di pasaran. Kita juga mudah menemukan di bengkel – bengkel motor. Aki basah merupakan aki standar pada motor. Didalamnya terdapat kandungan larutan elektrolit berupa asam sulfat (H2SO4). Dari era motor lawas yang masih menggunakan karburator dan sistem kelistrikan AC. Bahkan sampai saat ini dimana motor sudah menggunakan teknologi injeksi dan teknologi canggih yang lainnya.
Aki motor basah ini sangat ekonomis, aki jenis ini juga bisa digunakan berkali – kali dengan perawatan yang rutin. Kendaraan lain seperti mobil dan truk yang baru keluar dari dealer juga masih banyak yang menggunakan aki motor basah ini.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Aki Maintenance Free (MF)

Maintenance free dikenal sebagai tipe aki motor kering. Akan tetapi jangan mengira aki MF ini butuh cairan elektrolit didalamnya. Aki kering MF merupakan aki motor yang memiliki larutan elektrolit guna untuk mengaktifkan sel – sel dalam menyimpan arus. Hanya saja aki jenis ini memiliki segel khusus yang kuat sehingga dapat menahan penguapan dari larutan elektrolit pada aki. Karena itu aki motor ini disebut dengan maintenance free. Anda tak perlu ribet dan repot mengecek kondisi air aki yang sudah tersegel rapi dan dijamin memiliki tingkat penguapan yang sangat kecil.

Aki gel

Aki jenis ini merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia penyimpanan arus kendaraan bermotor. Aki jenis gel masih sama dengan yang lainnya karena tersedia juga dengan aki motor ampere kecil dan aki motor ampere besar. Jika aki pada umumnya menggunakan cairan elektrolit yang mudah bocor atau tumpah, untuk aki gel menggunakan gel sebagai elektrolitnya.

Aki motor ini menghindari terjadinya larutan elektrolit yang tumpah dan dapat membahayakan. Selain itu pada beberapa perusahaan pembuat aki gel ini turut mengklaim bahwa aki gel punya umur 2 kali lipat lebih lama kalau dibandingkan dengan aki biasa pada umumnya.

Aki kalsium

Tipe aki yang satu ini mirip dengan aki basah juga tersedia dengan beberapa kategori amperemeter. Ada yang kecil dan ada aki motor ampere besar untuk aki kalsium ini. Saat ini memang aki kalsium masih belum banyak beredar karena tak banyak bengkel yang menjual aki kalsium ini.

Aki hybrid

Tipe aki motor ini menggabungkan 2 tipe aki menjadi satu. Aki motor hybrid merupakan sebuah tipe aki motor yang menggabungkan antara tipe aki motor basah dan aki kalsium. Bedanya hanya terdapat pada bahan kutub saja. Pada aki hybrid baik aki motor kecil atau aki motor ampere besar memiliki kutub positif yang terbuat dari bahan low antimonial seperti pada aki basah, dan juga menggunakan kalsium pada kutub negatifnya.

Dalam memilih aki motor, pilih yang sesuai kebutuhan dan jangan berdasarkan tren saja. Pilih yang sesuai dengan kapasitas kendaraan bermotor Anda supaya motor Anda hemat dan nyaman digunakan.

Artikel Terkait:

  • cara mengganti spare part mesin (1)
Tipe Aki Motor yang Harus Diketahui Bikers | Dedy | 4.5