Tips Memperbaiki Masalah Aki Kering Motor yang Bermasalah

Tips Memperbaiki Masalah Aki Kering Motor yang Bermasalah – Pada dasarnya, aki kering itu adalah salah satu bagian komponen kendaraan yang sangat penting. Karena aki itu sendiri tugasnya sama seperti baterai. Bagaimana tidak jika komponen yang satu ini merupakan sumber listrik pada sebuah kendaraan? Sehingga, perannya begitu penting sekali untuk membuat kendaraan Anda bisa tetap berjalan.

Baca Juga : Tips Mengupgrade Motor Honda Vario 110 Fi

Ada 2 macam jenis aki. Yaitu basah dan kering. Motor keluaran terbaru saat ini umumnya lebih sering memakai aki kering untuk pendukung kelistrikannya. Disamping ukuran dimensi yang jauh lebih kecil, cara perawatannya sendiri juga tidak sulit dan cukup mudah. Yang jadi permasalahannya sekarang adalah, bagaimana bila aki motor yang berjenis kering ini bermasalah dan rusak? Dapatkan diperbaiki sendiri?

Tips Memperbaiki Aki Motor Rusak

Jika ini terjadi pada kendaraan bermotor Anda, maka jangan bingung dulu! Karena ternyata jawabannya adalah masih bisa diperbaiki lagi. Di bawah ini adalah cara memperbaiki masalah pada aki kering yang rusak dan error, antara lain:

Nah, sebelum memperbaikinya, sebaiknya Anda persiapkan dulu beberapa bahan baku yang dibutuhkan terlebih dahulu. Yaitu, accu zuur dan juga sebuah suntikan. Bila nanti kedua bahan itu telah Anda persiapkan dengan matang, maka segera saja Anda perhatikan beberapa langkah di bawah ini untuk memperbaiki aki yang rusak, antara lain:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Lepaskan saja kedua kabel yang sudah terhubung dengan bagian aki motor Anda tersebut.
  2. Bila sudah, lepas dan ambil aki tersebut dari kendaraan bermotor Anda.
  3. Buka tutup aki dengan bagian penutup karetnya. Biasanya ada 3 tutup yang disediakan disini.
  4. Isikanlah dengan accu zuur memakai bantuan dari sebuah suntikan sehingga volumenya nanti menjadi 1 cm dari batas atas yang telah ditentukan.
  5. Kemudian, bila sudah terisi sampai batas tersebut, langsung tutup lagi dengan rapat.
  6. Setelah itu, pasang lagi aki kering motor Anda tersebut dengan benar.
  7. Bila semuanya telah terpasang dengan benar, segera nyalakan motor Anda supaya proses pengisian aki segera berlangsung.

Kini sesudah aki motor Anda telah terisi penuh, maka itu artinya aki Anda sudah dapat digunakan lagi dan sudah dapat berfungsi kembali. Namun, bila ternyata Anda telah melakukan semuanya di atas tetap saja aki Anda tidak mau bekerja dan tetap mati, itu artinya bahwa aki motor Anda sudah waktunya ganti yang baru. Cukup simple sekali, bukan?

Jika memang bisa dicari solusinya, maka daripada harus membeli aki motor yang baru dengan harga yang mahal, akan lebih baik bila menggunakan accu zur saja dan juga suntikan. Selain lebih murah, cara ini juga dinilai jauh lebih praktis dan bisa membuat motor Anda bisa bekerja kembali dengan baik. Setidaknya, dengan cara di atas inilah nantinya Anda bisa lebih menghemat biaya pengeluaran Anda dari pada Anda langsung membawanya ke bengkel terdekat.

Ini adalah salah satu solusi paling mudah untuk Anda yang ingin hemat, meskipun aki kering motor Anda sedang bermasalah. Namun, jika Anda memiliki uang lebih, maka Anda bisa langsung saja menyerahkan itu semua pada bengkel terdekat di rumah Anda. Agar nantinya segera dilakukan penanganan lebih lanjut lagi dan lebih cepat lagi. Sehingga, motor Anda bisa segera bekerja seperti yang Anda inginkan.

Tips Memperbaiki Masalah Aki Kering Motor yang Bermasalah | Sinta Rizki Fadila | 4.5