Tips Berkendara Motor Paling Aman untuk Hijabers

Tips Berkendara Motor Paling Aman untuk Hijabers – Saat ini kegiatan untuk berkendara menggunakan sepeda motor itu tidak hanya sekedar dilakukan oleh para pria saja. Namun, banyak juga pengendara motor yang merupakan wanita, termasuk untuk mereka yang berhijab. Banyak dari mereka yang juga melakukan kegiatan sehari-harinya dengan sepeda motor.

tips berkendara motor

Namun sayangnya, banyak sekali para pengendara hijabers yang melupakan dari segi keselamatan mereka ketika sedang berkendara. Tak heran bila banyak sekali kasus kecelakaan yang sangat merugikan untuk mereka sendiri dan orang-orang yang di sekitarnya. Banyak kejadian dimana pakaian yang dikenakannya menjuntai sampai ke bawah hingga akhirnya terbelit oleh rantai motor bebek ataupun terbelit oleh roda motor skuter matic.

Maka dari itulah, agar terhindar dari hal- hal yang tidak diinginkan, sebaiknya simak tips berkendara motor paling aman di bawah ini untuk para wanita hijabers, antara lain:

Pertama, bagi wanita yang menggunakan hijab itu akan lebih aman bila menggunakan sepeda motor skuter, bukannya yang jenisnya motor bebek. Karena kebanyakan kasus kecelakaan yang terjadi pada wanita berhijab itu karena jilbab mereka telah tersangkut pada rantai gir dan akhirnya tergulung ke dalamnya.

Maka dari itulah, motor skutik itu dianggap jauh lebih aman untuk para hijabers karena punya cover depan yang dapat meminimalisir adanya hembusan angin yang berasal dari bawah. Selain itu, motor skutik itu tidak punya gir yang bergerigi ataupun komponen yang berkaitan dengan rantai. Sehingga, motor ini lebih aman dan lebih praktis untuk dijalankan. Karena, Anda hanya perlu mengatur gas dan remnya saja untuk melaju dengan aman.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Kedua, sebaiknya sebelum naik motor, maka salah satu tips berkendara motor paling aman adalah pastikan jilbab Anda tidak menjuntai. Anda dapat mendudukinya atau dengan cara melipatnya sedikit dan kemudian dikaitkan dengan bagian yang lain. Yang pasti, jangan sampai menjuntai karena itu bisa berbahaya.

Ketiga, bila di rumah tidak ada motor berjenis matic dan Anda terpaksa memakai motor bebek, maka pastikan dulu di bagian rantai motor dan gearnya terlebih dahulu. Pastikan keduanya telah dilengkapi dengan cover atau pelindung. Agar Anda bisa terhindar dari aktivitas terbelit oleh kedua bagian motor ini.

Akan lebih baik juga bila Anda harus lebih sering dalam melirik spion. Spion ini nanti tidak hanya berguna untuk mengecek kondisi yang ada di belakang motor saja, namun Anda juga dapat mengecek seperti apakah kondisi dari jilbab Anda tersebut. Bila jilbab yang Anda gunakan ini terlihat menjuntai dan mengapung-apung, sebaiknya segere berhantilah. Atur lagi jilbab Anda agar kembali pada posisi yang aman.

Ke-empat, sebaiknya pastikan bahwa Anda berkendara dengan kecepatan yang rendah. Setidaknya paling cepat adalah 40 kpj saja. Ini penting sekali agar Anda terhindar dari dampak buruk yang bisa disebabkan oleh jilbab yang telah menjuntai ke bawah. Maka dari itulah, jangan pernah sampai kebut-kebutan. Apalagi bila Anda tidak bisa menguasai kondisi jalan dengan baik. Karena itu bisa sangat berbahaya sekali.

Kelima, sebaiknya pastikan agar posisi tangan dan juga posisi kaki Anda cukup leluasa untuk mengontrol motor yang Anda jalankan tersebut. Perlu diketahui, bahwa kecelakaan karena hijab yang digunakan itu bisa tergulung rantai itu tidak hanya sekedar berlaku untuk sang pengendara saja. Namun, hal ini juga bisa terjadi untuk mereka yang sedang dibonceng. Maka dari itulah, Anda harus lebih berhati-hati.

Tips Berkendara Motor Paling Aman untuk Hijabers | Sinta Rizki Fadila | 4.5