Tips Membaca Kode Ban Sepeda Motor

Tips Membaca Kode Ban Sepeda Motor – Setiap kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil itu punya ukuran roda yang tidak sama. Entah itu dari segi lebarnya, tipenya, dan diameternya. Semuanya tercantum ke dalam kode ban sepeda motor atau berupa angka yang ada di ban itu sendiri. Namun sayangnya, ternyata ada banyak orang yang belum memahami tentang bagaimana cara membaca kode angka tersebut dengan benar.

Baca Juga : Review Motor Honda CB150R StreetFire Terbaru 2018

Cara Membaca Kode Ban Sepeda Motor

Maka dari itulah, di bawah ini akan kami berikan bagaimanakah cara membaca kode angka pada ban motor dengan benar seperti yang ada di bawah. Misalnya saja, bila pada kode ban tersebut tertulis 120/70-17 67H. Maka itu artinya, cara membacanya adalah sebagai berikut ini:

  • 120 itu menunjukkan bahwa lebar roda tersebut berukuran sebesar 120 mm.
  • Sedangkan, untuk angka 70 memperlihatkan perbandingan dari tinggi roda dengan lebarnya yang diperlihatkan ke dalam sebuah persentase. Jadi, bisa dibilang bahwa dalam kode tersebut berarti bahwa roda itu punya tinggi sebesar 70% x 120 sama dengan 85,2 mm.
  • Kemudian, untuk kode 17 itu sendiri merupakan ukuran diameter pada velg dalam satuan per inch.
  • Sedangkan, angka 67 sendiri merupakan indeks untuk beban maksimal. Bila ban tersebut punya indeks beban maksimal sebesar 67, itu artinya ban itu bisa menahan beban sampai dengan 307 kg saja.
  • Selanjutnya, untuk H sendiri merupakan kode yang memperlihatkan batas untuk kecepatan maksimal. Perlu Anda ketahui bahwa setiap roda itu punya kode yang tidak sama. Misalnya saja seperti kode S, Q, H, Z, dan masih banyak yang lainnya. Untuk kode H itu sendiri merupakan batasan kecepatan maksimal mencapai 120 km/ jam.

Panduan Membaca Kode Ban Mobil



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Sama seperti untuk ban sepeda motor. Karena ban mobil itu juga memakai huruf dan angka. Misalnya saja seperti kode ban mobil bertuliskan kode berupa P225/50 R 16 91 S. Itu artinya, cara untuk membacanya sebagai berikut ini!

  • Kode P berarti passenger. Itu artinya, kode P untuk roda mobil ini memperlihatkan bahwa ban itu adalah untuk mobil penumpang. Sedangkan untuk kode seperti LT untuk kendaraan roda 4 ini berarti adalah untuk Light Truck.
  • Angka 225 yang tertera merupakan lebar untuk telapak ban dari roda mobil tersebut dalam satuan mm.
  • Sedangkan, angka 50 merupakan ukuran tinggi ban dihitung dari persentase lebar ban itu sendiri.
  • Huruf R dalam kode ini berarti radial. Bila ban memiliki kode D, itu artinya ban itu memiliki tipe berupa diagonal bias.
  • Selanjutnya, untuk angka 91 berarti load indeks, layaknya pada roda sepeda motor.
  • Angka S, merupakan batasan untuk kecepatan maksimal. Ini cara membacanya sama seperti pada roda sepeda motor.

Jadi, dilihat dan ditinjau dari segi manapun, sebenarnya secara keseluruhan untuk cara membaca dari kode ban sepeda motor dan kode ban untuk mobil ini sebenarnya hampir sama dan mirip. Disamping beberapa kode tersebut, ada juga kode yang lainnya juga. Misalnya saja seperti AT yang berarti all terrain. Itu artinya roda itu bisa dipakai untuk semua medan jalanan.  Sedangkan, untuk kode HT, merupakan high way terrain, yang bisa dipakai untuk jalanan beraspal saja.

 

Tips Membaca Kode Ban Sepeda Motor | Sinta Rizki Fadila | 4.5