Tips Membersihkan Karburator Motor Dengan Mudah

Tips Membersihkan Karburator Motor Dengan Mudah

Tips Membersihkan Karburator Motor – Sobat Otorider, motor memerlukan suplai bahan bakar sebagai tenaga dorong, bahan bakar minyak tidak serta merta bisa langsung dikonversi oleh mesin motor, pengertian karburator motor dibutuhkan proses untuk pengkabutan bahan bakar terlebih dahulu sebelum bisa dibakar di ruang bakar, bagian yang memegang peranan pengkabutan ini adalah salah satu komponen sepeda motor yang bernama karburator, meski system pengkabutan bahan bakar sudah mulai diganti dengan injeksi, namun masih banyak juga yang masih menggunakan komponen karburator motor, karburator juga menentukan boros tidaknya penggunaan bahan bakar melalui pengaturan komposisi bensin dan udara untuk pengkabutan.

Peran karburator cukup vital untuk motor, yakni sebagai penyalur bahan bakar dan udara yang dicampur terlebih dahulu dengan komposisi tertentu (pengkabutan) menuju ruang bakar, karena itu karburator harus dijaga sedemikian rupa dan membersihkan karburator motor agar kondisinya tetap prima, jika karbu terkontaminasi kotoran atau air, semua itu akan tercampur dengan udara dan bensin sehingga mengubah komposisi kabut bahan bakar, akibatnya pembakaran tidak maksimal sehingga mengganggu performa motor atau bahkan bisa mogok.

Supaya hal itu tidak terjadi pada karburator perlu dibersihkan secara rutin dan cara menyetel karburator motor supaya irit, cara membersihkan karburator motor pun tidak terlalu sulit, yang penting brader niat dan kemauan pasti bisa, sebagai bantuan otorider.net sudah menyiapkan tips – Tips Membersihkan Karburator Motor dan langkah langkah membersihkan karburator motor serta cara praktis membersihkan karburator motor.

Simak juga Ulasan: Harga dan Spesifikasi Honda Sonic 150R

Langkah – langkah Membersihkan Karburator Motor

Sebelum brader membersihkan karburator, akan lebih baik jika brader mengetahui ciri – ciri karburator yang sudah kotor, biasanya motor yang karbu-nya kotor jika digunakan berjalan dengan RPM (kecepatan) rendah atau sedang, lajunya agak tersendat – sendat. Itu dikarenakan karburator tersebut kemasukan kotoran dan air yang terbawa dari tangki bensin, jika brader baru pertama kali memebersihkan karbu, ingat baik – baik semua posisi komponen pada karbu, kalau perlu dicatat agar bisa merangkainya kembali setelah membersihkan, Tips Membersihkan Karburator Motor Sendiri ala otorider.net:

  • Pertama siapkan dulu alat – alat untuk membuka karburator seperti kunci- kunci, obeng, kuas dan sebagainya.
  • Lepaskan satu – persatu bagian yang menghalangi karburator (sayap motor, dll).
  • Copot karburator dari dudukan sepeda motor.
  • Selanjutnya buka mangkuk karbu, bersihkan seluruh kotoran yang berada dalam karbu menggunakan kuas yang sudah dicelup bensin.

Kaburator Keihin



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  • Setelah itu buka pelampung karburator (perhatikan jarum ventilator yang berada dibawah pelampung), lepas pilot jet dan main jet.

PJ dan MJ

  • Bersihkan pilot dan main jet dengan cara meniupnya dengan keras, jika brader punya kompresor angin bertekanan tinggi hasilnya bisa lebih maksimal, pastikan agar lubang pilot dan main jet tidak tersumpal kotoran.
  • Lalu, bukalah setelan angin yang terletak disamping badan karburator, perhatikan pada bagian ini ada per kecil dan o-ring kecil, jangan sampai keliru dengan setelan stasioner yang letaknya searah dengan klep karburator, untuk setelan angin letaknya dibelakang atau depannya.
  • Selanjutnya bersihkan semua lubang yang ada di karbu dengan kuas bensin, kemudian tiup dengan keras atau gunakan kompresor angin bertekanan tinggi.
  • Setelah semuanya selesai dibersihkan, rangkai kembali pilot jet, main jet dan pelampung termasuk jarum ventilator dan tutup.
  • Usai merangkai, pasang kembali karburator ke tempat asalnya, jangan lupakan jarum setelan anginnya juga yang berada di samping badan karbu, kencangkan sesuai setelan standar, kemudian putar lagi 2 setengah kali.

Seting Angin Karburator

  • Agar lebih bersih, brader juga bisa membersihkan atau mengganti filter udara dengan yang baru jika yang lama sudah kotor / rusak, karena udara yang dicampur pada karbu asalnya dari hasil penyaringan filter.

Filter Karbu

  • Lalu seting karbu sesuai selera brader, jika sudah pasang kembali sayap motor dan bagian lain.
  • Kemudian mesin bisa langsung dinyalakan dan panasi sebentar motor, setelah itu baru motor bisa di tes dijalan.

Merawat karburator motor dan manfaat membersihkan karburator motor dengan cara membersihkan karburator secara rutin paling tidak dua bulan sekali dapat membuat mesin motor menjadi awet dan tidak gampang mengalami kerusakan, jika komponen karburator motor itu rusak, tentu hal ini sangat merugikan, karena harga karburator motor baik itu karburator original dan harga karburator racing relatif lebih mahal.

Demikian ulasan mengenai tips – Tips Membersihkan Karburator Motor semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider serta belajar membersihkan karburator motor sendiri, Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • cara membersihkan karburator motor matic (50)
  • karburator (30)
  • agar apa karburator dibersihkan (1)
  • berapa kali karbu di bersihkan (1)
  • membersihkan karbu motor (1)
Tips Membersihkan Karburator Motor Dengan Mudah | Sabian | 4.5