Tips Membersihkan Karburator Motor

Membersihkan Karburator Motor – Karburator sebagai salah satu bagian motor memiliki peran yang cukup vital dalam mengkonversikan bahan bakar minyak cair (bensin) menjadi gas, cara kerja karburator pada dasarnya adalah menyalurkan bahan bakar minyak (bensin) dan mencampurkannya dengan udara dengan perbandingan tertentu menuju ruang pembakaran, dengan demikian tenaga yang dihasilkan dari pembakaran akan digunakan untuk menjalankan motor.

Kinerja karburator harus maksimal dan apabila kondisi karburator terkontaminasi dengan air atau kotoran yang lain, maka proses pembakaran akan terganggu dan tidak maksimal, akibatnya hal yang sering terjadi motor akan tersendat (batuk) atau bahkan mogok saat di gunakan, tidak susah cara perawatan karburator motor dan cara membersihkan karburator motor injeksi, karena itu sobat Otorider hendaknya harus selalu menjaga kebersihan karburator serta cara membersihkan karburator motor dengan cairan pembersih agar motor selalu aman digunakan.

Tips Membersihkan Karburator Motor Thailand

Walaupun model pengkabutan bahan bakar saat ini sudah mulai diganti dengan system injeksi yang lebih modern, namun masih banyak sepeda motor yang masih menggunakan system pengkabutan bahan bakar karburator, nah bagi sobat Otorider yang masih menggunakan sepeda motor berbasis karburator, tim redaksi Otorider.net akan membagikan tips untuk membersihkan Membersihkan Karburator Motor dengan cairan pembersih karburator motor, Pada dasarnya Sobat Otorider Membersihkan Karburator Motor itu tidak terlalu susah, baik itu cara membersihkan karburator motor matic serta cara membersihkan karburator motor honda sobat Otorider akan mudah melakukannya jika sudah terbiasa.

Sebelum Sobat Otorider hendak membersihkan karburator motor, sangat dianjurkan untuk mengetahui ciri–ciri dan gejala karburator motor yang sudah kotor, tanda-tanda karburator yang kotor bisa diketahui dengan cara menjalankan laju motor pada kecepatanatau RPM rendah, jika laju motor tersendat umumnya karburator tersebut telah kemasukan air dan kotoran yang terbawa dari tangki motor.

Karburator juga akan berpengaruh terhadap boros tidaknya pemakaian bahan bakar, oleh karena itu brader Otoride sangat dianjurkan untuk selalu melakukan perawatan karburator secara teratur, bila brader sedang tidak waktu pergi ke bengkel untuk melakukan service, tenang saja ada cara membersihkan karburator motor tanpa membongkar motor yaitu  dengan cara membersihkan karburator motor dengan cairan pembersih yang dijual di toko spareparts dengan nama Carburetor Cleaner, dibawah ini tim redaksi Otorider.net akan jelaskan langkah–langkah dalam merawat karburator dengan benar.

Simak juga : Tips Memperbaiki Aki Kering Motor

Tips Membersihkan Karburator Motor

  • Pertama persiapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan untuk membuka karburator.
  • Posisikan motor Anda dengan standart tengah agar pembongkaran karburator lebih mudah.
  • Lepaskan bagian –bagian yang menghalangi karburator seperti body sayap motor atau lainnya.
  • Lepaskan karburator dari motornya.

Tips Membersihkan Karburator Motor Melepaskan karburator motor



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  • Selanjutnya, buka mangkuk karburator, perhatikan apakah ada kotoran di dalam karburator tersebut. Bila Sahabat Otorider menemukan kotoran di dalam karburator, bersihkanlah dengan menggunakan kuas dan bensin.

10. tips-perawatan-karburator-motoreoa

  • Setalah itu, buka pelampung karburator, jarum ventilator yang berada di bawah pelampung, pilot jet, serta main jet. Kemudian bersihkan main jet dan pilot jet menggunakan kompresor angin bertekanan tinggi atau Sahabat Otorider bisa meniupnya kuat – kuat. Pastikan lubang pilot jet tidak tersumpal kotoran setelah membersihkannya.

Tips Membersihkan Karburator Motor Melepas Pelampung

Tips Membersihkan Karburator Motor Pelampung dan Ventilator Karbu

  • Jangan lupa untuk membuka setelan angin yang terletak di samping badan karburator, hati – hati dalam membukanya karena disini terdapat per dan o-ring berukuran kecil dan jangan sampai keliru dengan setelan stasioner, setelan stasioner harus diletakkan searah dengan skep karburator, sedangkan untuk setelan angin umumnya didepannya atau di belakangnya.

Tips Membersihkan Karburator Motor Pilot Jet dan Main Jet Karbu

  • Selanjutnya bersihkan lubang–lubang yang ada pada karburator dengan menggunakan bensin dan kompresor angin bertekanan tinggi atau meniupnya dengan kencang.
  • Setelah semuanya bersih, rangkai kembali pilot jet, main jet, dan pelampung beserta jarum ventilator, kemudian tutup bagian tersebut.
  • Setelah selesai merangkai, pasangkan kembali karburator pada tempatnya, jangan lupa pasang setelan angin yang berada disamping badan karburator. Putar sekitar dua setengah putaran setelah baut setelan dikencangkan untuk setelan standar.
  • Juga jangan lupa untuk memeriksa kondisi flter udara, jika sudah sangat kotor lakukan pembersihan atau penggantian dengan yang baru.
  • Setelah semua beres, coba nyalakan mesin dan tes sepeda motor Anda apakah sudah sesuai dengan yang brader inginkan, jika belum, aturlah setelan karburator sesuai yang brader inginkan, bila sudah merasa pas, lanjutkan dengan memasang kembali sayap motor dan komponen lain yang tadi dilepas ke tempatnya kembali.
  • Setelah itu motor siap digunakan.

Tips Membersihkan Karburator Motor Carb Cleaner

Sebagai catatan untuk pemula, selalu ingat–ingat posisi part dan komponen motor yang dibongkar agar tidak lupa dalam memasang kembali, jika terjadi salah pasang maka bisa jadi motor akan tidak berfungsi maksimal.

Demikian ulasan mengenai Tips Membersihkan Karburator Motorsemoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • cara membersihkan karburator (76)
  • membersihkan karburator motor tanpa membongkar (69)
  • cara membersihkan karburator motor honda (26)
  • pembersih karburator motor yang bagus (13)
  • cairan pembersih karburator (12)
  • karburator satria fu (10)
  • pembersih karbu (2)
  • carburator cleaner klx (1)
  • tanda karburetor kotor (1)
  • karbu motor honda di pasang di motor fiz r (1)
Tips Membersihkan Karburator Motor | Sabian | 4.5