Tips Membuat Lampu Sein Kedap Kedip seperti Bus Malam di Motor New Vixion

Ketika anda mengedara di jalanan apakah anda pernah berjumpa dengan motor yang memiliki lampu seinnya berkedip cepat layaknya sebuah bus malam.? Atau mungkin anda pernah mendengar atau menonton di youtube tentang lampu sein yang berkedip cepat atau mungkin juga anda ingin membuat atau menciptakan lampu seperti itu.? Maka di sini saya akan coba memberikan tips atau triknya dalam membuat lampu tersebut.


Untuk menciptakan lampu Sein yang berkedip secara cepat tidaklah sulit melainkan mudah dan sangat simple, contoh pada artikel kali ini yang akan saya gunakan yaitu jenis motor Yamaha Vixion New yang ingin saya modifikasi sehingga memiliki lampu sein yang berkedip cepat dan pastinya akan mejadi tampak lebih kren ketika malam hari tiba ataupun ketika melakukan riting lampu sein.


Bagi anda pemilik kendaraan bermotor dengan merek Yamaha New Vixion maka anda dapat mempraktekannya langsung namun bagi jenis motor lain mungkin diperlukan sedikit dalam penyesuaian saja. Untuk langkah – langkah yang akan saya bahas di bawah ini tidak berlaku untuk jenis flasher elektronik melainkan haya jenis flasher mekanis dan jiia motor anda memiliki jenis flasher elektronik maka sebaiknya anda menggantinya ke jenis flasher modifikasi yang sudah banyak beredar di toko – toko variasi motor.


Perlengkapan sebelum praktek sebaiknya anda menyediakan beberapa prangkat seperti berikut ini:


1. Solder

2. Timah (kawat timah)

3. Sedikit kemampuan dalam dasar elektronik dan melakukan  penyolderan komponen

4. Kapasitor / elko 1000 uf /16 v

5. Obeng – atau bolak bali


Tahap proses pembuatan Modifikasi Flasher Sein Berkedip Cepat
Langkah awalnya yaitu anda musti mencari tempat tata letak dari flasher motor anda, pada umumnya jika motor bebek terletak pada bagian di dalam body motor bagian depan, sedangkan untuk jenis motor sport seperti vixion berada di bagian belakangnya atau dengan mudahnya anda dapat menyalakan motor anda dan dengar secara baik – baik yang berbunti tak – tik – tak – tik.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R


Jika anda sudah menemukan letak asal dari suara tersebut maka cobalah anda untuk membokar pada bagian dari asal suara tersebut yang jika motor bebek berada di bagian depan sedangkan untuk jenis sport cobalah anda bongkar pada bagian jok belakang dengan bentuk kotak berwarna hitam yang bertuliskan flasher atau Riley.
Jika anda sudah menemukan benda tersebut maka lankah berikutnya yaitu anda dapat membuka bagian casing dari Flasher atau Riley tersebut dengan menggunakan obeng jenis mines atau – dan membukanyapun sangat mudah cukup dengan cara memutar.

Setelah anda membuka Flasher tersebut pastiya anda akan melihat bentuk dan rupa seperti yang berada pada gambar di bawah ini:

Catatan: sebelumnya perlu anda ketahui bahwa pada bagian dalam flasher tersebut terdiri dari 4 komponen yang diantaranya:


1. Kumparan kawat yang berfungsi sebagai magnet yang akan menarik saklar yang akan          menuju ke bagian lampu sein yang dialiri dengan arus listrik jenis DC.

2. Pelatuk

3. Kapasistor

4. Resistor


Langkah selanjutnya anda dapat melepaskan bagian kapasistornya dengan cara memanaskan sebuah timah dengan menggunakan solder yang menyambungkan sebuah komponen lainnya. Atau dengan cara lainnya yaitu dengan memotong pada bagian kaki kapasitor. Seterusnya bagian kapasitor yang di potong tadi selanjutnya akan disambungkan dengan kapasitor yang mempunyai spesifikasi 1000 uf /16 v


Langkah selanjutnya anda dapat memasangkan kapasitor yang baru dengan spesifikasi 1000 uf /16 v ke dalam flasher tersebut dan jika semuanya sudah selesai maka pasang dan motor anda sudah siap dicoba.

Jika anda masih merasa bingung maka berikut saya sertakan toritorial video tentang tata cara membuat sebuah lampu yang berkedip secara cepat.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=kMzPfLtFhTc]Senoga apa yang sudah saya tuliskan di artikel ini dapat membantu anda dalam memodifikasikan motor kesayangan anda.

Artikel Terkait:

  • membuat lampu kedip pada motor (15)
  • cara buat lampu kdap kedip motor (1)
  • cara membuat lampu belakang motor menjadi kelip kelip (1)
  • cara membuat lampu sein motor kedip cepat (1)
  • cara membuat lampu sen kelap kelip (1)
  • cara membuat lampu variasi motor berkedip (1)
  • yang bikin sein kedap kedip (1)
  • yang bikin sein motor cbr150r kedap kedip (1)
Tips Membuat Lampu Sein Kedap Kedip seperti Bus Malam di Motor New Vixion | iyhan | 4.5