Tips Membuat Modifikasi Motor Drag untuk Balapan Liar

Apakah Anda suka dengan dunia otomotif? Jika iya, tentu Anda tidak asing dengan yang namanya modifikasi motor drag. Hal ini dikarenakan motor drag kini memang telah semakin menjamur. Bagi mereka yang menyukai dunia motor draf, tentu mereka tidak akan asing dengan yang namanya balapan liar dengan laju kecepatan tinggi.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah pada Karburator Motor

Ini kerap sekali dilakukan oleh mereka yang masih muda yang masih senang dengan aktifitas balapan liar. Meskipun ada juga balapan yang resmi dilakukan menggunaan motor drag.

Tips Membuat Modifikasi Motor Drag untuk Balapan Liar

Tips  Modifikasi Motor Drag di Jalan Lurus

Salah satu contoh modifikasi motor drag yang kerap dipakai adalah motor bebek. Kebanyakan pecinta balap liar ini lebih suka mengubah motor bebek dari segi spare part nya. Banyak orang mendatangi bengkel motor untuk memodifikasi motor tersebut dan kemudian bisa layak ke dalam area balap drag. Padahal sebenarnya ada tips tersendiri untuk membuat motor Anda bisa melaju dengan cepat di track yang lurus saat memodifikasi motor drag Anda.

Beberapa tips untuk memodifikasi motor tersebut bisa disimpulkan di bawah ini:



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Cobalah untuk mengubah semua ukuran dari motor standar menjadi sebuah ukuran untuk motor drag race. Misalnya saja seperti drag bike. Jenis spare part yang wajib diubah dalam melakukan modifikasi ini adalah saher, gear ratio, pen struk, noken as, knalpot, dan juga system untuk pengapiannya.
  2. Jangan lupa untuk meningkatkan kapasitas CC dari mesin motor supaya nantinya bisa melaju kencang di arena balap tersebut. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan penempatan spare part tersebut yang harus disesuaikan dengan kondisi motornya juga. Supaya nantinya bisa berhasil dengan sempurna.
  3. Untuk melakukan modifikasi motor drag, maka salah satu hal terpenting yang harus ada adalah dana. Karena untuk mengubah semua bagian motor yang lebih berkualitas itu dibutuhkan dana yang cukup banyak. Bahkan, untuk bisa mendapatkan motor berkualitas itu minim Anda akan butuh sebanyak 5 juta rupiah, tergantung apda kondisi motor yang digunakan sekarang ini.
  4. Bila Anda ingin mengubah motor matic menjadi motor drag race ini sebenarnya cukup simple dan tidak butuh biaya yang banyak. Karena hanya dengan 3 hingga 5 juta rupiah saja itu sudah cukup. Karena Anda tidak harus mengganti gear ratio saat di arena balap. Dengan menggunakan motor matic, maka Anda hanya butuh meningkatkan stroke saja dan melakukan bore up.
  5. Jika Anda ingin mengubah motor 2 tak kemudian dijadikan sebagai motor drag race, maka Anda akan butuh dana lebih banyak lagi. Bahkan, Anda akan butuh dana hingga 2x lipat dari biaya biasanya. Karena untuk spare part motor 2 tak itu cukup mahal. Anda harus mengganti bore up, piston, meningkatkan stroke, mengubah close ratio, final gear, dan juga pengapian. Nah, untuk mengubah semuanya itu dibutuhkan dana sebesar 9 jutaan.
  6. Memang roda cacing akan membuat motor menjadi lebih ringan. Namun, jika Anda melakukan modifikasi motor drag menggunakan roda cacing, maka Anda bisa terkena resiko tergelincir dan slip lebih tinggi ketika berada di jalanan yang licin dan berpasir. Sehingga, roda ini sangat tidak aman bila digunakan untuk memodifikasi motor Anda.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal terkait dengan bagaimana cara terbaik dalam melakukan modifikasi motor drag supaya motor bisa berjalan lurus dengan sempurna dan sekencang – kencangnya seperti yang diharapkan.

Tips Membuat Modifikasi Motor Drag untuk Balapan Liar | Sinta Rizki Fadila | 4.5