Tips Membuat Sepeda Motor jadi Hemat Bahan Bakar

Tips Membuat Sepeda Motor jadi Hemat Bahan Bakar – Memiliki sebuah kendaraan bermotor yang hemat bahan bakar adalah impian setiap orang. Tak hanya irit bahan bakarnya saja, namun mempunyai motor yang performanya mumpuni juga sudah pasti adalah keinginan semua orang. Terlebih bila orang-orang saat ini setiap hari memakai sepeda motor untuk melakukan kegiatan jarak jauh. Bisa Anda bayangkan berapa banyak ongkos yang wajib dikeluarkan untuk membeli bahan bakar bila kendaraan yang Anda naiki tersebut boros bahan bakar. Bisa jadi, sisa gaji bulanan Anda akan habis hanya untuk membeli bensin motor saja!

Baca Juga : Tips Melepas Stiker Motor Paling Mudah dan Simple

 

Tips Membuat Motor lebih Hemat Bahan Bakar

Siapa sih yang tidak mau motornya lebih hemat? Mengingat semuanya sudah serba mahal, maka dari itulah, agar Anda bisa memiliki motor yang hemat bahan bakar, sebaiknya simak caranya di bawah ini:

Tips Membuat Sepeda Motor jadi Hemat Bahan Bakar

Pertama, meskipun teknologi saat ini ikut serta dalam menentukan jumlah konsumsi bahan bakar untuk sebuah kendaraan bermotor, namun ternyata hal ini bukanlah hal yang utama. Karena sebanyak 60% konsumsi bahan bakar dari pemakaian sepeda motor itu ditentukan oleh kebiasaan dari sang pengendara itu sendiri. Maka dari itulah, supaya sepeda motor milik Anda menjadi lebih irit terhadap pemakaian bahan bakar, sebaiknya pilih saja motor yang memiliki teknologi terbaru. Misalnya saja seperti teknologi efi.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Kedua, selanjutnya, Anda harus segera mengubah kebiasaan Anda dalam cara berkendara yang benar. Dalam sebuah sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi injection itu, maka Anda harus tahu bahwa durasi injeksi paling lama adalah ketika sedang berakselerasi. Sedangkan durasi injeksi paling pendek adalah ketika sedang deselerasi.

Ketiga, Ini berbeda sekali untuk motor yang masih menggunakan teknologi karburator. Karena pemasukan terhadap bahan bakar menuju ke silinder itu didasarkan pada kevakuman. Sehingga, jumlah bahan bakar yang sudah terhisap terbanyak adalah ketika sedang terjadi vakum dalam waktu yang tinggi. Kegiatan vakum yang tinggi ketika sedang deselerasi ini dikarenakan ketika putaran mesin sedang dalam kondisi yang tinggi, maka throttle menjadi menutup penuh. Sekalipun kedua sistem itu berbeda, namun ternyata bisa disimpulkan bahwa mengendarai kendaraan dalam kondisi tidak tetap, misalnya saja seperti sering melakukan deselarasi dan akselerasi ini bisa membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros.

Ke-empat, supaya Anda bisa memiliki sepeda motor yang hemat bahan bakar, sebaiknya mulai mengemudi dengan cara yang stabil dan kecepatannya harus konstan. Disamping itu, Anda juga harus ingat bahwa setiap sepeda motor itu punya tenaga maksimal dan torsi maksimal yang tidak sama. Misalnya saja seperti Honda Vario 125 yang hanya mempunyai tenaga maksimal sampai dengan 11,3 PS dalam putaran sebanyak 8.500 rpm. Jadi, biasakan untuk mengemudi dalam rangke seperti itu.

Dengan cara inilah, maka mesin motor bisa bekerja dengan baik dalam kondisi yang lebih maksimal juga. Disamping bisa membuat motor lebih irit bahan bakar, ternyata cara ini juga bisa menjadikan komponen mesin motor menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Jadi, dari sinilah dapat disimpulkan bahwa untuk membuat motor Anda lebih hemat bahan bakar, sebaiknya ubah saja kebiasaan Anda dalam mengemudi yang tidak baik menjadi lebih baik. Jadi yang awalnya Anda sering kebut-kebutan, sebaiknya mulailah berkendara dengan kecepatan yang konstan dan harus stabil.

 

 

Tips Membuat Sepeda Motor jadi Hemat Bahan Bakar | Sinta Rizki Fadila | 4.5