Tips Memilih Ban Motor Terbaik

Tips Memilih Ban Motor Terbaik

Ban Motor Terbaik – Sobat Otorider, salah satu upaya untuk menghasilkan performa motor yang maksimal adalah dengan menggunakan ban terbaik. Karena pada dasarnya besarnya tenaga dan bagusnya performa mesin motor nantinya akan disalurkan melalui bagian motor si karet hitam yang bernama ban. Sebagus apapun performa motor, jika ukuran ban tidak sesuai maka performa dari motor akan kurang maksimal. Oleh karena itu brader juga harus mengetahui tips dalam pemilihan ban untuk sepeda motor. Pada kesempatan ini crew otorider sudah menyiapkan rangkuman mengenai Ban Motor Terbaik khusus buat brader.

Efek pemilihan kualitas ban motor sembarangan, memilih ban motor terbaik untuk harian sepeda motor tercinta mungkin terkesan sepele dan mudah. Tinggal pergi ke toko atau bengkel dan langsung pasang kemudian urusan pun beres. Bahkan seringkali kita memilih ban yang harganya cenderung murah atau karena motif dan desainnya bagus. Namun ternyata fakta dan kualitas tidak seindah itu.

Efek yang ditimbulkan saat memilih ban sembarangan bisa berbahaya, banyak pengendara motor yang mengaku hampir kecelakaan atau sudah kecelakaan akibat motornya terpeleset atau terpelanting saat direm. Ada juga pengendara motor yang mengeluhkan pemakaian bahan bakarnya menjadi lebih boros setelah mengganti ban dengan yang baru. Selain itu ada yang mengaku jika laju motor menjadi lebih berat dan lebih susah bermanuver. Kira – kira itulah sekumpulan kasus akibat pemilihan ban sembarangan.

Seiring perkembangan industri ban, produk karet hitam after market makin banyak varian. Tak hanya ukuran, pattern (bentuk alur-red), sampai kompon juga beragam. Tak heran, banyak bikers ganti ban diluar dari ukuran yang direkomendasi. “Perbedaan ukuran, pattern sampai kompon pasti ada efeknya. Karena desain ban standar sudah melalui berbagai riset validasi tes berkait performance, stability, torsi mesin dan lainnya. Demikian juga perbedaan kompon, seperti aplikasi ban balap atau racing untuk harian. Ban racing dipakai buat harian akan bermasalah kalau di kondisi jalan dicampur lumpur, genangan air dan pasir.

Tips Pemilihan Ban Motor Terbaik

Intinya penggunaan ban dengan spesifikasi yang tidak sesuai dengan karakter motor dan jalanan yang dilalui setiap hari bisa menyebabkan ketidaknyamanan, kurang aman dan bisa berbahaya bagi pengendara karena berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Kondisi jalan memang sangat berpengaruh pada performa dan kenyamanan brader saat mengendarai motor. Bukan hanya itu, kondisi jalanan yang basah setelah terkena hujan atau kering saat musim panas
juga memiliki resiko masing-masing. Karena itulah kita sebagai pengguna kendaraan bermotor, tentunya harus pintar memilih tipe ban yang tepat untuk motor sangat diperlukan. Ban memiliki tipe yang beragam yakni tipe basah, tipe kering dan tipe keduanya. Dari ketiganya ini memiliki kegunaan atau fungsi yang berbeda.

Simak juga ulasan: Cara Membedakan Suku Cadang Asli dan Palsu

Oleh karena itu sebelum mengganti ban baru, brader sebaiknya memperhatikan beberapa hal dibawah ini:

  • Ban Berkualitas Bagus

Kualitas ban merupakan prioritas nomor satu dalam pemilihan ban terbaik. Kualitas ban yang buruk akan menyebabkan ban sepeda motor tidak awet dan cepat tipis sehingga brader bisa sering – sering mengganti ban. Oleh karena itu pilihlah merk ban motor kualitas terbaik atau brand ternama yang sudah teruji kualitasnya. Sedikit mahal tidak apa – apa asalkan bagus dan aman dipakai.

  • Pilih Bagian Guratan pada Ban Motor

Dalam memilih ban terbaik, brader juga harus memperhatikan jenis kembang ban motor terbaik. Sesuaikan guratan ban dengan kondisi medan jalan atau lingkungan yang sering brader lewati. Contohnya jangan menggunaan ban dengan guratan banyak pada kondisi jalan yang sering panas, gunakanlah pada kondisi lingkungan yang sejuk. Ban yang sering terkena panas lalu terkena air dingin akan mempercepat peretakan pada permukaan ban.

  • Sesuaikan Ukuran ban Dengan Motor

Idealnya ukuran ban harus disesuaikan dengan kondisi motor brader. Contohnya bagi brader yang mengendarai motor bebek umumnya lebih cocok menggunakan ban ukuran 70/90 dan 80/90 dan gunakan selalu ban motor bebek terbaik. Sedangkan pengguna motor matic standar sebaikknya menggunakan ban ukuran 80/90 dan 90/90. Untuk jenis motor yang lain seperti motor sport, moge, racing atau lainnya bisa dikonsultasikan dulu pada ahlinya atau brader bisa mencari referensi dari sumber internet.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  • Tahun Pembuatan Ban Motor

Kode produksi ban juga penting untuk diperhatikan. Kode produksi yang tertera umumnya akan berpengaruh dengan kualitas ban yang akan brader pilih. Untuk cara membacanya misalkan ban dengan kode produksi 1013, angka 10 menunjukkan minggu ke 10 pembuatan ban sedangkan angka 13 menunjukkan tahun pembuatan ban tersebut. Agar mendapat kualitas ban yang terbaik pilihlah ban yang dibuat kurang dari 1 tahun yang lalu. Misalkan jika sekarang tahun 2016 maka kode produksinya pilih yang angka belakangnya 15 atau 16, jangan kurang dari itu.

  • Pilih Motif Ban motor Sesuai Kebutuhan

Motif ukiran pada ban sangat berkaitan dengan kinerja ban saat melintasi karakter jalanan baik basah atau kering. Jika di Indonesia brader sangat dianjurkan untuk menggunakan ban dengan motif ukiran searah. Umumnya yang sering digunakan adalah motof ukiran searah dengan sudut 45 derajat dari depan ke belakang. Hal ini bertujuan untuk menyingkirkan air ke samping (di Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi dan jalanan sering tergenang air) sehingga permukaan ban tetap mampu mencengkram permukaan jalan. Dengan begitu motor akan tetap stabil dan tidak licin sehingga brader tidak akan hilang kendali.

Tipe Ban Basah

Jenis Ban tipe basah ini digunakan khusus untuk jalan yang kerap kali basah. Ban tipe basah memiliki ciri banyaknya alur yang menjangkau hingga tepi ban. Alur pada ban ini bertujuan untuk membuang air saat ban berputar melewati jalan yang basah dan berair, namun traksi ban ini akan menurun di jalanan yang kering. Sehingga ban tipe basah ini akan cepat habis atau terkenal dengan istilah “gundul” jika digunakan dijalanan yang kering.

Jenis Ban Basah

 

Tipe Ban Kering

Ban tipe kering ini memiliki sedikit alur atau bahkan tidak memiliki alur sama sekali. Ban tipe kering ini memiliki traksi terbaik saat digunakan pada jalanan yang kering. Sehingga ban sangat nyaman ketika dipakai dijalanan yang kering tanpa brader khawatir akan terpeleset atau selip. Namun ketika ban tipe kering ini menemui jalan berair atau basah, hendaknya brader hati-hati karena traksi akan berkurang saat jalanan menjadi basah sehingga risiko terpeleset akan meningkat.

Jenis Ban Kering

Tipe Ban Kering dan Basah

Ban pada tipe ini memiliki fungsi yang sangat baik, yakni dapat digunakan dijalanan yang basah atau kering. Ciri dari tipe ban motor terbaik yakni memiliki alur yang tidak terlalu banyak dan traksinya sangat bagus. Jenis ban inilah yang paling banyak digunakan di Indonesia karena iklimnya yang tropis. Untuk membedakan jenis ban ini Anda bisa melihatnya di bagian spesifikasi yang tertera pada ban. Biasanya pabrikan seringkali menuliskan tipe wet, dry atau wet dry. Maka dari itu sesuaikan tipe ban dengan kondisi jalan yang sering Anda lewati agar Anda tetap dalam keamanan dan kenyamanan ketika berkendara.

Jenis Ban Kering dan Basah

Nah setelah memperhatikan hal – hal diatas barulah brader akan mendapatkan ban terbaik untuk motor brader. Tiap – tiap brader mungkin akan memiliki kondisi motor dan lingkungan berbeda sehingga brader harus bijak dalam menyesuaikan tips – tips diatas agar sesuai.

Demikian ulasan mengenai Ban Motor Terbaik semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • ban matic terbaik (182)
  • ban motor matic terbaik (152)
  • ban motor terbaik untuk harian (137)
  • merk ban motor yang bagus untuk harian (106)
  • merk ban motor yang bagus (98)
  • ban motor yg bagus (81)
  • ban motor bebek yang bagus (74)
  • alur ban motor yang bagus (53)
  • ban motor yang awet (41)
  • merek ban motor terbaik (39)
Tips Memilih Ban Motor Terbaik | Sabian | 4.5