Tips Memilih Ban Motor untuk Jalanan yang Tidak Mulus

Tips Memilih Ban Motor untuk Jalanan yang Tidak Mulus – Bagi pengguna motor, maka memahami tentang bagaimanakah tips memilih ban motor yang paling benar itu adalah salah satu hal yang paling penting sekali. Apalagi untuk Anda yang sudah menggunakan ban berbentuk modifikasi. Karena, ban itu sendiri sangat menentukan terhadap keamanan dan kenyamanan dalam berkendara motor di jalanan. Di samping berguna untuk pengendali arah dari laju kendaraan, ban juga berguna untuk peredam terhadap guncangan dan getaran sebelum akhirnya nanti diredam oleh suspensi sepenuhnya. Karena itulah, Anda tidak boleh asal dalam memilih ban.

Terlebih kontur jalanan di Indonesia sendiri tidak selalu mulus. Sehingga, kebutuhan dalam penggunaan ban yang serba bisa itu sangat penting dan tinggi sekali. Khususnya untuk Anda yang tinggal di area pegunungan di area kota yang memiliki curah hujan yang tinggi. Karena berkendaraa ketika sedang hujan itu sudah pasti akan membuat Anda harus melewati jalanan yang licin dan basah. Otomatis bila tidak tepat dalam memilih ban motor, hal ini bisa membuat motor Anda terselip dan jatuh.

Baca Juga :Review Motor Kawasaki Z125 Terbaru

Apalagi saat ini di beberapa kota besar sering mengalami kondisi cuaca yang tidak tentu. Terkadang hujan datang secara tiba-tiba, kadang mengalami musim kering terus. Maka dari itulah, salah satu tips memilih ban motor adalah harus memilh ban yang mempunyai daya cengkeram yang tinggi. Karena agar dapat berkendara di jalanan yang kering dan basah itu butuh komposisi ban yang tepat dan sesuai. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini ketika sedang membeli ban motor, antara lain:

5-oto



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Pertama, perhatikan dari segi kembangan atau alur ban. Jadi, tidak hanya sekedar kondisi atau dari segi tingkat kedalaman alur telapak bannya yang harus Anda perhatikan. Namun, Anda juga harus memperhatikan dari segi pola ukirannya terlebih dahulu.  Untuk roda yang dipakai di jalanan yang kering dan basah itu harus punya ukiran pola yang cukup dalam. Sehingga, ukiran inilah yang nantinya dapat membelah air dengan baik.

Dengan begitu, ban motor dapat mencengkram aspal dengan sangat baik saat sedang berada dalam jalanan yang basah. Hal ini dikarenakan ukiran ban ini nanti akan berguna untuk jalur dan memecah terhadap genangan air yang ada. Sehingga, hal ini akan menjadikan bagian ban yang menonjol terasa jauh lebih kuat dalam mencengkeram area permukaan jalan. Ban yang seperti ini sudah sering ditemukan di sejumlah pasaran. Misalnya saja seperti Corsa yang dihadirkan pada Corsa Platinum Cross S.

Dengan desain berupa telapak yang sporty, hal ini membuat ban motor ini terlihat lebih agresif lagi dan terlihat lebih optimal dalam digunakan untuk melaju ke semua permukaan jalanan yang kering dan basah. Untuk alur bannya sendiri didesain jauh lebih dalam. Dengan begitu, usia pakai ban motor ini menjadi jauh lebih lama. Karena mampu memberikan kenyamanan dalam berkendara yang makin meningkat lagi.

Bagaimanapun juga, ban merupakan salah satu bagian penyangga motor yang cukup penting. Karena itulah, performa ban itu sendiri sangat mempengaruhi terhadap kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Kedua, tips memilih ban motor selanjutnya adalah carilah desain ban yang dapat memaksimalkan performa ban dan ketahanan dari ban. Yang mana ban tersebut didukung pula dengan sebuah teknologi hybrid compund yang terbaru yang membuatnya lebih awet dan memiliki daya cengkram yang lebih baik.

Tips Memilih Ban Motor untuk Jalanan yang Tidak Mulus | Sinta Rizki Fadila | 4.5