Tips Memilih Bohlamp untuk Headlamp Motor yang Tepat

Tips Memilih Bohlamp untuk Headlamp Motor yang Tepat – Jika saat ini Anda ingin mengganti bohlamp untuk headlamp motor Anda, maka sebaiknya jangan asal begitu saja. Karena bila Anda Anda asal dalam menggantinya, bisa-bisa justru hal ini akan membuat reflektor menjadi meleleh begitu saja. Otomatis bila hal ini terjadi, akibatnya adalah sinar lampu motor menjadi tidak bisa fokus lagi. Sehingga, nyala lampu pun menjadi redup. Hal ini dikarenakan sinarnya telah menyebar sampai kemana-mana. Maka dari itulah, sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati dalam mengganti bola lampu untuk headlamp motor Anda. Misalnya saja seperti berikut ini!

Baca Juga : Tips Melepas Stiker Motor Paling Mudah dan Simple

Cara Memilih Bohlamp untuk Headlamp Motor

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk memilih bola lampu yang benar yang bisa Anda pasang di bagian headlamp motor Anda, antara lain:

Tips Memilih Bohlamp untuk Headlamp Motor yang Tepat

Lihat Saja Dulu dari segi Bahan Relektornya!

Pada beberapa motor yang dijual saat ini memang kebanyakan sudah tidak memakai logam lagi. Umumnya beberapa pabrikan motor justru lebih suka memakai bahan yang berasal dari plastik. Misalnya saja seperti Acrylonitrile Butadieni Styrene. Bahan tersebut lebih tahan dari bahan kimia, lebih tahan dari terjadinya korosi, dan juga memiliki permukaan yang jauh lebih mengkilat. Bahkan, daya lelehnya sendiri dapat mencapai hingga sebesar 180 derajat celcius. Meskipun jauh lebih rendah dari penggunaan polikarbonat yang dapat bertahan hingga mencapai 280 derajat celcius, namun bahan dari plastik ini tetap popular digunakan pada saat ini.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Pilih Daya Lampu yang Paling Tepat dan Harus Sesuai

Pemakaian bohlamp untuk headlamp motor yang daya lampunya terlalu besar ini justru hanya akan membuatnya terlalu panas. Akibatnya, pemakaian daya lampu yang besar ini bisa membuat reflektor menjadi leleh. Untuk motor matic sendiri sebaiknya jangan diberikan bohlamp yang kapasitas dayanya mencapai 25 Watt lebih. Sementara untuk motor sport dapat memakai bohlamp yang ukuran dayanya sebesar 35 Watt. Hal ini dikarenakan bahan reflektor yang memakai teknologi ABS grade atau memakai bahan logam, sehingga lebih tahan lama.

Jangan Pilih karena Warna Sinarnya Saja!

Banyak konsumen sering kali beranggapan bahwa pemilihan bohlamp untuk headlamp motor yang berwarna sinar putih agak kebiruan itu punya pancaran sinar yang jauh lebih terang. Namun sayangnya, mereka tidak sampai berpikir bahwa sebenarnya pemakaian bola lampu jenis ini tidak cocok bila diterapkan di musim penghujan. Akan lebih baik bila Anda menggunakan bola lampu yang punya sinar berwarna kekuningan yang bisa digunakan untuk semua musim dan semua cuaca.

Daya yang Besar Belum Tentu Punya Nyala Terang yang Lebih Baik

Pemilihan lampu yang punya ukuarn daya yang besar itu belum tentu bisa sebanding dengan nyala terang yang diciptakannya. Misalnya saja seperti pada motor bebek milik Honda. Dimana kebanyakan Honda menggunakan bola lampu berukuran daya sebesar 36 Watt. Bila Anda memaksakan dengan mengganti ukuran daya yang lebih besar, misalnya saja hingga 70 Watt, maka nyalanya memang akan terang. Namun, lihat keesokan harinya. Sudah pasti nyalanya akan menjadi lebih redup dari biasanya. Hal ini sering terjadi, namun sayangnya jarang disadari oleh kebanyakan orang.

Pakai Produk Yang Original

Pemilihan sebuah produk bohlamp untuk headlamp motor yang tidak original bisa berdampak buruk terhadap kualitas penerangannya sendiri. Misalnya saja bila Anda memakai reflektor yang tidak ori, maka dalam hitungan hari pasti akan meleleh.

 

Tips Memilih Bohlamp untuk Headlamp Motor yang Tepat | Sinta Rizki Fadila | 4.5