Tips Memilih Lampu Motor Berkualitas

Tips Memilih Lampu Motor Berkualitas

Tips Memilih Lampu Motor – Sobat Otorider, Keberadaan lampu pada sepeda motor sangatlah penting demi keselamatan pengendara. Apalagi dengan keadaan jalanan di Indonesia yang seringkali aspalnya berlubang dan tidak rata. Bisa terbayang jika malam – malam berkendara tanpa lampu penerangan, pasti bisa berbahaya. Termasuk juga saat berada di persimpangan, dengan keadaan jalan Indonesia yang cenderung ramai jika belok tanpa lampu sein pasti meningkatkan resiko disambar kendaraan lainnya.

Oleh karena itu kualitas lampu motor brader harus tetap terjaga agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan. Terkadang brader mungkin mengakali masalah ini dengan memilih lampu HID untuk motor, sedangkan lampu motor dengan jenis HID harganya lumayan mahal, namun tanpa berbekal pengetahuan lampu yang mumpuni akhirnya malah dapat lampu abal – abal.

Biasanya dari beberapa pengalaman pengendara lain, akibat dari salah pilih lampu bisa berefek pada lampu sering mati mendadak, lampu menghasilkan panas berlebih yang mengakibatkan reflector meleleh dan bisa juga lampu terlalu silau di mata pengendara lain sehingga kurang aman. Sebenarnya lampu jenis HID bagusnya untuk motor yang sudah dibekali projector. Agar lebih paham, pada kesempatan ini crew otorider akan berbagi ulasan mengenai Tips Memilih Lampu Motor yang simpel namun berkualitas khusus buat brader.

Cara Memilih Lampu Motor

Tips dan cara mudah bikin lampu depan sepeda motor lebih terang, sekarang ini sudah banyak yang siap pakai, salah satunya adalah menggunakan HID. Namun untuk mendapatkan Lampu HID bukan lah perkara yang mudah, karena harga lampu motor yang relatif mahal. Nah jika brader sering melakukan turing atau perjalanan di malam hari tentu akan sangat bermanfaat penerangan lampu depan motor anda agar lebih jelas dan lebih terang, Otorider.net akan berbagi tips dan trik mengakali bagaimana membuat lampu depan sepeda motor agar lebih terang dan lampu motor sering putus, tidak harus dengan biaya yang mahal atau menggunakan HID. Seperti apa langkah mudah bikin lampu sepeda motor lebih terang? buat brader yang ingin menghemat, sebenarnya pemilihan lampu standar masih bisa dimaksimalkan cahaya terangnya dengan cara berikut:

Simak juga ulasan: Ukuran Rantai Motor dan Perawatanya

Jenis Bohlam Lampu Motor



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  • Dalam cara memilih lampu motor brader bisa memakai lampu motor halogen. Lampu ini memiliki ciri khas bentuknya yang mengucup pada ujungnya.
  • Dalam memilih merk lampu juga tidak boleh asal pilih. Paling tidak pilihlah merk yang sudah terkenal dan sudah teruji. Mahal sedikit tidak mengapa asal kualitas bagus. Beberapa merk abal – abal sering terbalik posisi lampu dekat dan jauhnya serta cahayanya kurang fokus.
  • Sebagai rekomendasi bohlam termasuk yang aftermarket yang berkualitas bagus diantaranya merk – merk Jepang seperti: Osram, Philips, Sparkle, Indoparts serta Tako. Keunggulan merk – merk diatas adalah posisi lampu jauh dekatnya tidak tertukar, kualitas base fitting bohlam jelas terjamin, soket lampu tidak akan meleleh karena panas yang dihasilkan dari arus lampu, dll.
  • Selanjutnya cara memilih lampu untuk motor brader bisa memilih warna bohlam yang akan dipasang. Banyak warna yang ditawarkan oleh penjual seperti: kuning, biru pekat, blue vision, standard dan warna kombinasi. Namun untuk urusan visibilitas tertinggi di segala cuaca, warna kuning lebih bagus dari lainnya. Sedangkan warna blue vision visibilitasnya berkurang saat hujan, dan hindari warna biru pekat karena visibilitasnya sangat buruk walau saat cuaca cerah.

Tips Memilih Lampu Motor

  • Nah bagian selanjutnya yang paling penting adalah ukuran watt bohlam. Brader harus memastikan watt bohlam yang akan dipilih harus sama dengan watt bohlam bawaan lampu standar. Hal ini sering terlupakan oleh brader, karena kebanyakan bohlam aftermarket memiliki daya 35 watt padahal tidak semua motor standar watt nya segitu. Karena jika ukuran watt tidak sesuai, bohlam ketika dipakai cahyanya akan meredup walaupun sebenarnya kualitas bohlamnya bagus. Selain itu bisa terjadi korsleting atau bahkan kebakaran karena rangkaian terbebani.
  • Telitilah melihat spesifikasi pada bohlam dengan cara memilih lampu motor yang terang. Seringkali ada pembeli yang mengeluhkan bohlam merk ternama namun nyalanya jelek dan redup walaupun spesifikasi yang tertera sama, bohlam standar motor 35 watt dan yang dibeli juga 35 watt. Namun saat di cek ternyata ada yang terlewatkan, yakni spesifikasi bohlam yang dibeli 35 watt untuk dobel bohlam. Hasilnya jelas redup karena tidak kuat dayanya karena aslinya 18 watt tiap lampunya.
  • Yang terakhir cek terlebih dahulu barang yang brader beli apa sudah sesuai dan apakah masih bagus dan menyala maksimal. Saat brader membeli bisa minta beberapa item sekaligus untuk di cek sendiri mana yang palig bagus. Cara ceknya antara fitting dari badan bohlam lurus sempurna, serta posisi horizontal filamen tegak lurus sempurna terhadap tonjolan kaki.

Lampu Sepeda Motor

  • Setelah itu brader bisa pasangkan pada motor, kemudian ada baiknya brader menyetel stasioner pada angka 1600rpm. Setelan ini adalah yang terbaik dalam mengecek kemaksimalan nyala lampu dibandingkan saat motor dalam posisi idle atau berhenti.

Nah itu tadi adalah tips memilih lampu depan motor standar yang maksimal. Jika brader masih belum puas, bisa juga mengakalinya dengan cara mengganti kiprok motor yang spesifikasi watt lampunya lebih tinggi, misal motor bebek standar dengan single headlamp (35W) diganti kiproknya dengan motor yang memakai dobel headlamp (min 36W-CS1), namun sebelumnya pastikan soket kiprok sesuai terlebih dahulu.

Demikian ulasan mengenai Tips Memilih Lampu Motorsemoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • merk lampu motor paling terang (703)
  • lampu motor paling terang (545)
  • bohlam lampu motor paling terang (477)
  • lampu halogen paling terang buat motor (273)
  • bohlam motor paling terang (244)
  • merk bohlam lampu motor paling terang (216)
  • jenis lampu motor paling terang (166)
  • bohlam lampu motor super terang (156)
  • harga lampu motor paling terang (154)
  • lampu depan motor (116)
Tips Memilih Lampu Motor Berkualitas | Sabian | 4.5