Tips Memperbaiki Accu Soak Dengan Mudah

 

Tips Memperbaiki Accu Soak Dengan Mudah

Tips Memperbaiki Accu Soak – Sahabat Otorider, aki merupakan sumber energy dari sepeda motor, komponen ini memiliki fungsi menyuplai kebutuhan listrik sepeda motor seperti electric stater, lampu utama, lampu sein, klakson dll merupakan beberapa contoh komponen yang menerima suplai listrik dari aki, apalagi motor berteknologi injeksi yang sangat bergantung sekali pada suplai listrik.

Accu motor memang lambat laun akan mengalami kerusakan, penyebab kerusakan bisa bervariasi, mulai dari penggunaan yang salah hingga kerusakan alami seperti umur yang memang sudah waktunya untuk rusak, kalau aki motor tersebut rusak, apa yang akan brader lakukan? membuangnya atau menjualnya ketukang loak? jangan terburu-buru mengambil keputusan tersebut karena masih ada cara memperbaiki accu yang soak dan aki soak bisa diperbaiki dengan cara yang cukup mudah dan murah.

Tetapi yang perlu digaris bawahi, cara ini tidak sepenuhnya berhasil, tingkat keberhasilannya tergantung dari kondisi accu itu sendiri, jika kondisi element didalam aki yang sudah sangat rapuh, atau bahkan banyak yang sudah pada putus, maka kemungkinan tidak akan berhasil, ciri ciri aki soak dan aki motor tekor adalah  adalah ketika anda gunakan lampu rem atau lampu sent, nyalanya sangat redup, bahkan kadang tidak mau nyala sama sekali, apalagi untuk menghidupkan mesin menggunakan starter tangan, jelas merupakan sebuah tindakan yang sia-sia.

pada ulasan kali ini crew otorider.net sudah menyiapkan tips – Tips Memperbaiki Accu Soak  khusus buat brader tips ini lebih ditujukan pada aki basah, karena sebenarnya perbaikan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, cukup dengan mengerti spesifikasi aki motor serta pengetahuan arus listrik.

Tanda aki soak disini maksudnya aki yang sudah dipakai dan daya listriknya habis, atau kebanyakan orang bilang aki yang sudah tidak ada listriknya alias aki motor tekor, sebelum masuk ke bab perbaikan aki, disini crew otorider.net ingin mengajak brader dulu untuk mengetahui penyebab aki menjadi soak.

Penyebab Aki Soak

Terkadang memang kualitas aki itu sendiri bisa jadi salah satu faktor berapa lama aki bisa jadi soak, selain itu ada beberapa hal yang biasa membuat aki menjadi soak:

  • Air Aki

Bagian dalam aki basah memang harus selalu tergenang cairan elektrolit h2so4, cairan ini dapat terlihat jelas di dalam aki, perhatikan yang ada batas minimum dan maksimum, biasanya air aki berada diatas plate timah di tiap sel – sel aki.

Bila air dibawah batas minimum akan menyebabkan listrik tidak tersalurkan dengan baik serta plate timah didalam aki bisa menimbulkan panas yang berlebihan sehingga menjadi beban dan akhirnya lama – lama akan terpisah atau putus.

Sedangkan pengisian air aki yang melebihi batas maximum bisa menyebabkan uap air aki susah keluar dari lubang pembuangan. Akibatnya uap akan memaksa keluar dari kepala aki sehingga kepala aki menjadi corrosive seperti kurap penghambat proses daya hantar.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Simak juga ulasan: Setting Motor Ninja 2 Tak Standart

Struktur Accu

 

  • Pengisian Daya Berlebihan

Terkadang saat aki sudah melemah, brader pasti juga akan melakukan pengisian ulang daya aki dengan alat yang dikenal Altenator atau dynamo untuk charger aki.

Pengisian daya yang menggunakan tegangan berlebihan (2x lebih besar dari aki) bisa membuat suhu aki terlalu panas, efek yang ditimbulkan bisa melebur /merusak plate tipis (terbuat dari timah) sekaligus jalur – jalur listrik yang berada didalam aki menjadi putus.

Pengisisan daya dengan tegangan berlebihan selain menyebabkan overheat, juga menimbulkan getaran kuat, terkadang ini juga akan menggeser posisi plate dan memutus jalur – jalur pada plate akibat goncangan arus listrik yang kuat.

Setelah mengetahui beberapa penyebab aki soak, sobat otorider bisa melakukan pencegahan dari hal – hal diatas, namun bagi yang akinya sudah terlanjur soak bisa mencoba Tips Memperbaiki Accu Soak  ini, walaupun cara ini tidak mungkin mengembalikan kondisi aki seperti baru, setidaknya cara ini bisa meringankan biaya sekaligus mendaur ulang aki soak bekas.

Cara Memperbaiki Accu Soak

Charger Aki

  • Pertama, lepaskan aki dari sepeda motor sobat.
  • Kedua, buang seluruh air di dalam aki sampai habis.
  • Ketiga, bilas bagian dalam aki dengan air panas, kocok aki pelan – pelan agar sisa – sisa kotoran yang menempel hilang, lakukan langkah ini setidaknya tiga kali untuk memastikan seluruh sisa kotoran hilang.
  • Balik posisi aki tersebut, kemudian biarkan selama beberapa jam agar kering.
  •  Langkah berikutnya adalah isi ulang aki dengan menggunakan cairan khusus untuk aki baru H2SO4 yang biasa disebut accu zuur (bukan air aki untuk menambah volume).
  • Setelah selesai, isi ulang daya atau charge aki brader, tunggu sekitar 5-8 jam.
  • Aki hasil daur ulang pun sudah siap digunakan.
  • Pasang aki kembali ke sepeda motor brader.
  • Nyalakan motor (pakai kick stater jangan electric stater) dan panaskan sejenak agar daya stabil dan sekaligus sedikit mengecas aki), kemudian motor pun sudah siap untuk di test drive.

Setelah semua beres, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada aki dan juga mencegah kerusakan aki dari hal – hal yang dijelaskan diatas.

Demikian ulasan mengenai tips – Tips Memperbaiki Accu Soak  semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • ciri ciri aki motor tekor (20)
  • tanda tanda aki tekor di motor cb150r (10)
  • aki hilang daya (1)
  • aki motor habis (1)
  • cara mengatasi aki cb150r yang soak (1)
Tips Memperbaiki Accu Soak Dengan Mudah | Sabian | 4.5