Tips Memperbaiki Aki Kering Motor

Memperbaiki Aki Kering Motor – Aki atau accu sebagai salah satu komponen sepeda motor memiliki peran yang sangat penting dalam menyuplai kebutuhan listrik pada sepeda motor, pada umumnya terdapat 2 jenis aki yang sering digunakan oleh manufaktur otomotif, yang pertama adalah aki basah dan baru–baru ini banyak kendaraan keluaran baru yang menggunakan aki kering, aki kering atau MF Battery banyak menjadi pilihan saat ini dikarenakan lebih awet, lebih praktis dan aliran listriknya lebih kuat dan lebih stabil.

Berbicara masalah Memperbaiki Aki Kering Motor, pastinya sebagian sobat Otoride sudah menggunakan sepeda motor berbasis aki kering, terutama yang punya motor keluaran terbaru yang rata-rata sudah menggunakan aki kering, mungkin di antara Sobat Otorider pernah punya pengalaman aki kering tekor atau bisa juga aki kering soak, saat kontak dihidupkan tapi lampu netral hidup langsung mati, klakson mendadak mati, atau elektrik starter tidak berfungsi, mungkin saja masalah tersebut berasal dari aki kering brader yang sudah mulai melemah dan aki kering soak.

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Motobatt Gel

Jika sobat Otoride mengalami masalah tersebut, cepatlah cek dan perbaiki aki yang sudah mulai melemah karena ini menyangkut kenyamanan sobat Otorider dan para pengguna jalan raya lainnya, pada ulasan ini, tim redaksi Otorider.net ingin berbagi info mengenai cara memperbaiki aki kering yang rusak dan memperbaiki aki kering yang soak serta mendeteksi penyebab aki kering soak yang bisa sobat Otoride coba sendiri.

Sebelum memperbaiki Aki kering, brader bisa langsung siapkan alat – alat yang akan dibutuhkan:

  1. Siapkan obeng min dan obeng plus (obeng blimbing)
  2. Gunakanpisau, bisa pisau dapur atau gergaji besi
  3. Siapkan solasi / selotip, cari yang berukuran lebar
  4. Air aki jenis air accu zuur, bisa dibeli ke bengkel atau toko otomotif sekitar 5 ribuan

Setelah brader  sudah menyiapkan alat–alat diatas, bisa langsung untuk ke tahap selanjutnya yakni cara memperbaiki aki kering yang lemah dan juga cara memperbaiki aki kering yang rusak parah.

Hal–hal yang Dilakukan Saat Memperbaiki Aki Kering Motor 

  • Yang pertama kali dilakukan adalah melepas aki kering yang terpasang pada motor sobat Otoride, biasanya jika menggunakan motor bebek ada di dalam jok bagian bawah, untuk sebagian motor lain bisa di tempat berbeda.
  • Selanjutnya buka tutup aki menggunakan pisau atau gergaji yang sudah di siapkan, lakukan dengan hati – hati agar tidak melukai tangan brader, aki kering sudah dikemas sedemikian rapat sehingga sulit untuk dibuka, penutup aki dapat dibuka secara paksa dengan cara digergaji, perhatikan bagian atas aki terdapat penutup dengan tulisan peringatan DO NOT OPEN  pertama gergaji bagian atas tersebut.

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Pemotongan Bagian Penutup

  • Lalu gergaji bagian samping dan belakang dari penutup tersebut.

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Pemotongan Bagian Penutup Samping

  • Kemudian bagian penutup dapat dilepaskan dari wadah aki.

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Hasil Pemotongan Bagian Penutup Aki

  • Setelah terbuka akan melihat 6 lubang, isilah ke enam lubang tersebut dengan Accu Zuur yang sudah di siapkan masing – masing sebanyak 15 mili (pakai ukuran suntikan),hati–hati saat menyuntikan, jika air Accu Zuur terkena kulit bisa iritasi (biasanya reaksinya gatal–gatal), Jika terlanjur terkena air Aki segera cuci bersih menggunakan sabun untuk mengurangi iritasi.

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Lubang Lubang Pengisian

  • Jika semua lubang telah terisi, selanjutnya tutuplah lubang–lubang tadi memakai penutup aki, setelah di tutup, buntal penutup aki memakai solasi agar lebih rapat dan kuat, bisa juga menggunakan lem, tapi nantinya akan sulit dibuka lagi.

Bila cara memperbaiki aki kering yang mati seperti langkah diatas, maka sebaiknya coba bongkar lagi aki kering brader, cek sekali lagi apakah masih ada kerusakan pada sel-sel aki kering tersebut, berikut ulasan tentang cara memperbaiki aki kering yang mati total dan cara mengetahui aki kering soak.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Simak juga : Cara Mudah Setting Karburator Motor

Langkah Pengujian Sel- sel Aki Kering

Setiap sel mampu menghasilkan tegangan listrik 2 Volt, sehingga 6 sel akan menghasilkan 6 x 2 Volt = 12 Volt,  perhatikan diagram dibawah ini.

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Diagram Blok Susunan Sel Aki Kering

Pada gambar diagram diatas tampak bahwa sel 1 memiliki kutub A dan B, kutub-kutub pada sel 2 adalah C dan D, demikian seterusnya.

 

 

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Susunan Sel pada Aki Kering

Untuk pengujian digunakan alat yang cukup  sederhana dan murah, yaitu memakai lampu LED (bisa menggantinya dengan lampu biasa 12 Volt), LED membutuhkan tegangan sekitar 1,5 Volt, jadi sudah mencukupi untuk pengujian sel-sel aki. LED memiliki kaki anoda (+) dan kaki katoda (-). Untuk keperluan pengujian hubungkan kaki katoda LED dengan kabel secukupnya.

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Lampu LED untuk Penguji

Langkah pertama cara Memperbaiki Aki Kering Motor adalah menguji setiap sel secara individual yang ada pada aki kering, sebelum melakukan pengujian sebaiknya lakukan pembersihan pada kutub-kutub sel, contoh cara pengujian sel 1:

  • Hubungkan kaki katoda LED ke titik A (kutub negatif aki)
  • Hubungkan kaki anoda LED ke titik B.

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Pengujian Sel Dengan Lampu LED

  • Jika LED menyala berarti sel tersebut dalam keadaan baik, namun jika sebaliknya maka sel aki sudah rusak.

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Hasil Pengujian Baik

Kerusakan aki kering lebih sering terjadi karena putusnya sambungan antara satu sel dengan sel lainnya karena aus (korosi), berikut pedoman pengujiannya.

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Pengujian Sambungan Antar Sel Aki Kering

Jika ditemukan salah satu sambungan antar sel yang terputus, maka langkah perbaikan dapat dilakukan dengan cara menyolder bagian sambungan tersebut.

Cukup mudah bukan cara Memperbaiki Aki Kering Motor sendiri, di samping sebagai pelajaran bisa juga untuk penghematan karena harga aki kering relatif lebih mahal, maka dari itu sayangi accu kering brader dengan Cara Mudah Mengecek Aki Motor, seperti slogan iklan air mineral kalau bisa hemat kenapa tidak.

Setelah semua beres tentang cara Memperbaiki Aki Kering Motor, sobat Otoride bisa mencoba menyalakan motor setelah itu hidupkan, dan panaskan motor dan tunggu kira–kira sekitar 30 menit atau lebih agar daya dari aki kering terisi kembali,setelah itu sobat Otoride bisa mengecek kondisi aki dengan cara membunyikan klakson atau menyalakan lampu sein dan lampu utama, bila semua sudah berfungsi dengan baik, berarti Sahabat Otorider telah sukses memperbaiki aki kering motor tersebut, apabila nyala lampu dan klakson dirasa kurang kuat, bersabarlah dan coba gunakan motor brader selama beberapa hari sampai aki motor tersebut terisi, karena setiap aki motor bisa mempunyai daya yang berbeda –beda, jika masih tidak terisi, artinya memang sudah waktunya untuk ganti aki baru.

Demikian ulasan mengenai Tips Memperbaiki Aki Kering Motor dan Tips Merawat Aki Motor Agar Tetap Prima  semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi brader Otoride, terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • cara memperbaiki aki kering (249)
  • Cara memperbaiki aki kering yang mati total (129)
  • aki motobatt jelek (113)
  • cara memperbaiki aki basah yang rusak parah (105)
  • cara perbaiki aki kering (98)
  • cara memperbaiki aki kering yang mati (90)
  • memperbaiki aki kering (82)
  • cara servis aki kering (79)
  • penyebab aki kering motor tekor (78)
  • cara memperbaiki aki kering motor (60)
Tips Memperbaiki Aki Kering Motor | Sabian | 4.5