Tips Mengatasi Karburator Banjir Paling Mudah dan Penyebabnya

Tips Mengatasi Karburator Banjir Paling Mudah dan Penyebabnya – Meskipun sekarang ini hampir secara keseluruhan itu, sepeda motor yang dikeluarkan dalam versi terkini menggunakan sistem injeksi, namun ternyata jumlah pengguna sepeda motor kaburator juga masih cukup banyak. Hal ini terlihat dari ramainya bengkel yang dipenuhi oleh orang-orang yang sedang mengalami masalah karburator banjir pada motor mereka. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apa sig fungsi dari karburator yang sebenarnya itu?

Sebenarnya, karburator yang digunakan dalam sepeda motor itu berguna untuk membuat bahan bakar menjadi kabut. Sehingga, dalam prosesnya disini adalah dimana saat bensin masuk ke dalam silinder motor. Sehingga, saat usia pemakaiannya sudah cukup lama, hal ini kerap menimbulkan beberapa masalah di dalam karburator motor itu sendiri. Salah satu permasalahan yang kerap ditemukan dalam motor karburator adalah karburator banjir. Atau di dalam istilahnya, masalah ini sebenarnya merupakan saat bensin yang terdapat di dalam motor menjadi meluap.

Penyebab Karburator Banjir

Yang menjadi penyebabnya sebenarnya sangat simple sekali. Yaitu, saat needle valve tidak ditutup dengan sempurna, maka hal ini bisa menyebabkan kejadian masalah yang seperti ini. Seperti yang telah diketahui, bahwa tepat di bagian bawah karburator motor itu ada ruang pelampung yang berguna untuk menampung bensin dalam sementara waktu. Di dalamnya ada pelampung yang tersambung dengan baian needle valve.

Needle valve itu sendiri berguna sekali untuk katup yang berguna untuk membuka dan menurup aliran bensin yang berasal dari tangki motor menuju ke karburator motor. Ketika bensin yang ada di dalam ruang pelampung mulai berkurang, hal ini akan membuat needle valve langsung terbuka. Dengan begitu, bensin akan menjadi mengalir. Sementara ketika ruang pelampung mulai terisi penuh di dalam bensin, hal ini akan membuat needle valve tersebut mulai menutup salurannya itu.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Sehingga, bila ruang pelampung tersebut mulai penuh, dan needle valve ini tidak bisa menutup dengan sempurna, maka secara otomatis nantinya akan membuat bensin menjadi meluap. Sehingga, hal ini akan membuat istilah ini disebut juga dengan karburator banjir.

Cara Mengatasi Karburator Banjir

  1. Lepas saja karburatornya yang beraal dari siliner head. Caranya, lepas kedua bautnya dan lepas juga kabel cuk dan kabel gasnya. Namun, bila Anda masih memakai filter udara yang masih berbentuk standard, sebaiknya lepas dulu filternya. Sehingga, hal ini akan mempermudah Anda dalam melepas karburator itu.
  2. Bila karburatornya telah berhasil dilepas, maka lanjutkan pula dengan cara membongkarnya. Yaitu, lepas keempat baut yang berada di bagian bawah.
  3. Bila sudah, maka buka saja ruang pelampungnya, sehingga akan terlihat ada pelampung yang berasal dari plastik.
  4. Lepas pelampung itu dengan cara menarik keluarnya saja. Sehingga, pelampung ini akan lepas bersama dengan needle valvenya.
  5. Setelah itu, bengkokkan ke atas sedikit saja logam yang nanti dipakai untuk needle valve. Kemudian, pasang lagi pelampung dan needle valvenya.
  6. Lakukan pengecekan. Caranya, tiup lubang masuk dan gerakkan pelampungnya. Pastikan bahwa saat pelampung ada di bawah, needle valve dapat terbuka dengan penuh. Sedangkan saat pelampung sejajar dengan needle valve bisa tertutup penuh.
  7. Lakukan sampai benar-benar pas.

Maka kini karburator banjir sudah dapat teratasi dengan mudah. tentu saja dengan belajar lebih dalam, hal ini akan membuat Anda makin handal.

Tips Mengatasi Karburator Banjir Paling Mudah dan Penyebabnya | Sinta Rizki Fadila | 4.5