Tips Mengendarai Motor Kopling untuk Pemula

Tips Mengendarai Motor Kopling untuk Pemula – Sekalipun terlihat mudah, namun ternyata banyak juga di antara para pengguna motor yang masih newbie atau awam yang mempertanyaan tentang bagaimanakah cara paling mudah untuk mengendarai motor kopling  itu? Karena, pada dasarnya setiap sepeda motor itu punya kopling yang jenisnya berbeda-beda. Kopling itu sendiri merupakan sebuah perangkat yang ada di dalam sepeda motor dan mobil yang berguna untuk memutuskan putaran dan sekaligus menghubungkan putarannya dari engine ke bagian transmisi motor.

Baca Juga : Tips Merawat Motor Injeksi Irit Biaya

Yang dimaksud dari motor kopling  kali ini adalah sebuah motor yang masih memakai kopling secara manual. Atau ada handle kopling dibagian stang kemudi. Umumnya, kopling manual seperti ini kerap diaplikasikan pada varian motor sport. Misalnya saja seperti, motor Honda CBR, motor Yamaha Vixion, motor Kawasaki Ninja RR Mono, dan masih banyak motor sport yang lainnya juga.

Tips Mengendarai Motor Kopling untuk Pemula

Jadi, ini berbeda sekali dengan motor bebek. Karena, untuk motor bebek itu sendiri cara pemakaiannya tinggal injak saja bagian tuas transmisinya saat ingin melakukan perpindahan gigi. Itu karena motor bebek kebanyakan sudah menggunakan kopling otomatis. Hanya saja, kelemahan dari sistem kopling otomatis ini adalah tenaganya banyak yang hilang. Maka dari itulah, tak heran bila kebanyakan motor sport sering memakai kopling manual untuk pemindah dayanya.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Saat Anda mengendari motor sport dengan kopling manual, maka ketika Anda ingin berpindah gigi, Anda wajib menggunakan tuas kopling yang terdapat di bagian stang kemudi. Disamping itu, ada juga perbedaan yang lainnya, berupa pola pemindahan pada gigi. Umumnya, motor yang memakai kopling manual ini punya pola perpindahan gigi sebanyak 1 ; N ; 2 ; 3 ; 4 ; 5. Agar dapat berpindah dari posisi netral menuju ke gigi 1, maka harus dilakukan pergerakan tuas transmisi menuju ke depan. Sedangkan untuk berpindah dari ke gigi 2, maka harus dilakuka 5 gerakan menuju ke balakang.

Lebih lengkapnya akan kami berikan cara mengendarai motor kopling yang paling mudah, seperti misalnya di bawah ini:

  1. Akan lebih baik bila Anda memposisikan transmisi di posisi netral. Tandanya adalah dengan menyalakan lampu indikator yang umumnya berwarna hijau, setelah itu langsung tekan tombol starter. Namun, sebaiknya jangan terlalu lama menekannya. Paling lama selama 3 detik. Karena bila terlalu lama akan membuat aki menjadi tekor.
  2. Agar dapat menjalankannya, masukkan saja gigi transmisi menuju ke dalam posisi gear 1. Caranya tarik handle kopling, setelah itu injak bagian tuas transmisinya ke arah depan. Supaya mesin motornya tidak mati mendadak, sebaiknya lepas tuas kopling dengan cara perlahan sambil diiringi dengan memutar bagian handle gasnya secara perlahan-lahan.
  3. Bila kendaraannya sudah berjalan, maka lepas tuas koplingnya atau handle rem.
  4. Bila kendaraan sudah berjalan sejauh 10 km/ jam, maka lakukan penggantian gear ke nomor 2 dengan menekan tuas koplingnya, sambil menginjak tuas transmisinya ke belakang.
  5. Bila Anda ingin berhenti, maka tarik saja tuas koplingnya dan lepaskan. Atau putar saja handle gasnya diiringi dengan menekan bagian tuas rem.
  6. Bila sudah berhenti, kembalikan lagi gigi transmisinya pada posisi awal, di posisi 1.
  7. Setelah itu, untuk memindahkan ke dalam posisi netral, ungkit saja tuas transmisinya sebesar ½, karena bila penuh bisa kembali lagi ke gear 2.
  8. Bila sudah netral, maka lepaskan saja tuas koplingnya dan putar kunci kontak di posisi Off.

 

Tips Mengendarai Motor Kopling untuk Pemula | Sinta Rizki Fadila | 4.5