Tips Mengganti Air Radiator Motor Vixion Yang Baik dan Benar

Air radiator adalah sebuah cairan pendingin pada bagian motor yang sangat dibutuhkan untuk kendaraan yang telah menggunakan teknologi Liquid Cooled dan cairan ini sangat dibutuhkan mesin motor yang khususnya untuk kendaraan yang sudah mempunyai kapasitas mesin yang lebih dari 150 cc. Dengan adanya system pendinginan air atau radiator (Liquid Cooled)  ini dapat berfungsi untuk menjaga dan menstabilkan kondisi suhu mesin motor sehingga suhu menjadi tetep stabil dan selalu pada kondisi mesin 90 derajat. Untuk sistem pendingin motor terdapat dua jenis diantaranya: 

1. sistem pendingin udara 

2. sistem pendingin yang berupa cairan.


Untuk motor yang telah menggunakan kapasitas mesin 150 cc jenis sistem pendingin yang digunakan yaitu sistem pendingin cairan dan hal tersebut telah di implementasikan pada motor new vixion roduk dari yamaha. Kadang kala ada juga pengguna motor yang kurang memperhatikan air pendingin radiator atau biasa juga orang menyebutnya dengan cairan coolant. Di sini saya akan berbagi tentang cara perawatanyanya yaitu cukup mudah anda dapat mengganti secara berkala di tiap 9000 hingga 10.000 km


Berikut ini akan saya bagikan tentang panduan cara mengganti air radiator motor vixion yang benar dan semoga dapat membantu anda.

Persiapan awal

1.Cairan Pendingin Yang baru

2.Obeng +

3.Kunci L

4.Kunci Pas 10

5.Nampan buat wadah air coolan


Berikut ini merupakan panduan lengkap tips cara mengganti air radiator atau water coolant pada motor new vixion .

1.Bongkarlah bagian body yang menghalangi untuk memasukan water coolent/air radiator ke dalam radiator.

2.Dapat juga anda membuka bagian body side cowl terlebih dahulu menggunakan kunci L,lihat petunjuknya pada gambar di bawah.

3.Jika tahap ke 1 dan 2 sudah dilakukan maka siapkan wadah tempat menampung air radiator


4.Setelah wadah telah siap , silahkan kendorkan buat pembuangan (lihat pada gambar) dengan menggunakan kunci  no 10 seperti pass atau kunci T . Letaknya tepat pada ujung panah warna merah. 



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

5.Agar air radiator dapat keluar semuanya , maka anda jangan lupa untuk membuka bagian penutupnya , perhtikan gambar di bawah ini :

 Setelah tutupnya terbuka seperti gambar diatas maka kuras air radiatornya hingga bersih. Jika anda rasa telah bersih atau kosong maka selanjutnya anda dapat menutup kembali baut pembuangan air radiatornya ,dan selanjutnya jika telah ditutup maka isi dengan air coolent khusus untuk motor vixion yang dapat anda beli dibengkel motor dengan harga kurang lebih 25 ribu hingga 35 ribu. Jika proses pengisian sudah penuh seperti gambar diatas, maka silahkan tutup kembali dengn menggunakan tutupannya. 


6.Langkah selanjutnya yakni tinggal mengisi air radiator ke bagian tabung atau tangki reservoir. Caranya anda dapat bongkar terlebih dahulu pada bagian body yang dirasa menghalangi untuk proses pengisiannya.perhatikan gambar di bawah ini :

7.Jika sudah membuka bagian body tersebut , maka tindakan selanjutnya anda tinggal mengisi tangki recervoir dengan air radiator yang baru. Perhatikan gambar di bawah ini :

8.Usahakan gunakan corong agar airnya tidak tumpah dan jika sudah penuh maka proses ini sudah selesa 

9.Langkah selanjutnya pasang semua bagian motor yang telah anda bongkar tadi

10.Langka terakhirnya yatu selesai.. hahaha


Sekian dulu dari artikel saya kali ini dan semga saa dapat membantu anda.

Tips Mengganti Air Radiator Motor Vixion Yang Baik dan Benar | iyhan | 4.5