Tips Merawat Electric Starter pada Sepeda Motor

Tips Merawat Electric Starter pada Sepeda Motor – Pemakaian electric starter ini memang cukup membantu sekali bagi para pengguna motor saat ingin menyalakan mesin motornya. Karena, dengan adanya teknologi inilah membuat orang kini tidak harus mengggunakan kick starter secara manual lagi. Karena kini sekali pencet saja, maka sepeda motor langsung menyala. Sehingga, hal ini akan membuat proses untuk menyalakan mesin motor menjadi makin mudah dan lebih praktis lagi untuk dilakukan.

 Baca Juga : Tips Memilih Bohlamp untuk Headlamp Motor yang Tepat

Namun sayangnya, karena lamanya dalam penggunaannya, hal ini membuat teknologi starter ini terkadang menjadi rewel. Saat tombol starter tersebut dipencet, putarannya terkadang menjadi nyendat-nyendat atau bahkan sampai tidak mau berputar lagi sepeda motornya saat sedang distarter. Bila motor Anda sudah mengalami kejadian yang seperti ini, itu artinya motor Anda membutuhkan sebuah perawatan khusus. Sehingga, mesin motor lebih mulus dan tahan lama.

Tips Merawat Electric Starter pada Sepeda Motor

Sebenarnya, teknologi electric starter ini memakai pengendali negatif. Itu artinya, dibagian positif baterainya secara langsung lewat ke motor starter. Sementara untuk tombol sakelarnya nanti hanya memutuskan aliran negatif, dan sekaligus menghubungkan aliran negatif tersebut. Hal yang seperti ini ada banyak keuntungannya. Namun, ada pula sisi negatifnya, berupa soket, switch, dan juga dibagian konektor yang kerap mengalami masalah terjadinya pengerakan. Sehingga, dibutuhkan sebuah pembersihan agar kinerja dari teknologi elektrik starter ini lebih lancar lagi.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Cara Merawat Electric Starter

  1. Sebaiknya bersihkan dulu dibagian konektor dari rangkaian motor starternya. Jadi, lepas dulu soketnya, yang umumnya berwarna merah langsung lewat ke tombol starternya. Setelah itu, bersihkan memakai sebuah cairan penetran. Cukup dengan menyemprotkan dibagian itu saja, maka masalah kotoran dan kerak akan langsung hilang.
  2. Bersihkan bagian konektor yang ada dalam tombol starter. Umumnya, kerak nanti akan menempel dibagian tombol starternya dikarenakan pemakaian yang terlalu lama. Maka dari itulah, sebaiknya buka saja lebih dulu dibagian dudukan tombol starternya memakai obeng plus. Kemudian, gosokkan memakai ampelas halus dibagian konektornya.
  3. Lakukan pengecekan terhadap switch tuas remnya. Pada beberapa motor matic itu biasanya agar dapat menyalakan mesin motor memakai electric starter ini harus menekan dibagian tuas remnya terlebih dahulu. Hal ini karena adanya saklar atau switch dibagian tuas rem ini berguna untuk menyalakan mesin motor. Namun, bila ternyata motor starternya tersebut tidak dapat berputar ketika tombolnya ditekan, sebaiknya lakukan pengecekan terhadap kondisi dari swtichnya itu.
  4. Cara untuk melakukan pengecekan pada switch atau saklar motor adalah cobalah untuk menjumper memakai bantuan kabel. Bila sudah dijumper, maka langsung tekan saja tombol starternya. Namun, bila mesin motor tetap tidak mau berputar, hal ini bisa terjadi karena swtich dibagian tuas remnya memang sedang rusak. Sehingga, Anda harus segera menggantinya dengan membeli di pasaran senilai 30 ribu rupiah.

Setidaknya, dengan memahami 4 langkah untuk merawat electric starter inilah akan membuat kinerja motor menjadi makin optimal dan lebih maksimal lagi. Namun, bila 4 hal itu sudah Anda lakukan, akan tetapi motor starternya masih tidak mau berputar, maka hal ini bisa saja terjadi dikarenakan oleh aki yang sedang bermasalah dan sudah soak. Atau bisa juga karena motor starternya yang memang telah rusak. Sehingga, dibutuhkan segera penggantian dari pemakain aki tersebut agar motor bisa kembali menyala seperti biasanya.

 

Tips Merawat Electric Starter pada Sepeda Motor | Sinta Rizki Fadila | 4.5