Tips Merawat Karburator Vakum Semua Motor

Tips Merawat Karburator Vakum Semua Motor

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Tips Merawat Karburator Vakum – Karburator vakum dengan nama lain Constant Velocity sudah jadi standar motor keluaran terbaru, hal itu bisa dilihat pada motor matic Yamaha Mio, motor matic Honda Vario, motor Kawasaki Kaze ZX130, motor  Suzuki Thunder, motor Suzuki Satria F-150, teknologinya sudah mengikuti teknologi karburator mobil, pertimbangannya pasti soal konsumsi bahan bakar yang irit serta buka-tutup gas yang halus.

Karburator merupakan salah satu komponen dalam sepeda motor, fungsinya secara garis besar adalah untuk mencampur udara dan bahan bakar agar menjadi kabut bahan bakar sebelum akhirnya disalurkan ke ruang pembakaran, karburator yang sering digunakan waktu dulu adalah tipe skep konvensional, namun seiring dengan berjalannya waktu karburator tipe vakum mulai menggantikan perannya pada motor – motor keluaran baru.

Karburator vakum serta cara kerja karburator vakum motor menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, itu adalah salah satu kelebihan karburator vakum, namun sistim ini mengorbankan kecepatan respon buka tutup gas-nya, dalam artian saat tuas gas dibuka, skep karburator vakum tidak bisa naik seketika, akibatnya akselerasi motor yang ber-karbu vakum akan terasa kurang responsif dibanding tipe konvensional.

Akselerasi agak lambat karbu vakum memang tidak bisa dihindari, namun ada trik dan tips untuk setting karburator vakum hal itu, crew otorider.net sudah menyiapkan ulasan khusus cara merawat karburator vakum khusus buat brader, tips ini juga bisa memaksimalkan kecepatan responsif karbu vakum dan optimalkan karburator vakum, berikut tips- tips yang bisa brader coba.

Cara Merawat Karburator Vakum

Buka mangkok karbu dengan obeng, setelah terbuka kelihatan semua komponen karburator seperti pelampung, pilot jet, main jet dan juga pentilator, lepaskan juga spuyer (pilot dan main jet) dengan obeng, kemudian buka bagian karet vakum, Lepaskan dulu tutupnya, didalamnya nanti ada pegas dan karet vakum sekalian lepas juga Hati-hati sembari kerja pegang karbu.

Ada 5 bagian komponen yang harus dirawat agar performa karburator vakum terjaga, bagian – bagian tersebut adalah skep, per skep, pilot miture screw, jetting dan karet vakum, dibawah ini adalah penjelasannya:

Skep

Pada umumnya permukaan skep karbu vakum dilapisi teflon, bahan teflon yang halus berfungsi untuk mengurangi gesekan, namun karena pemakaian motor yang sering akan mengakibatkan permukaan teflon menjadi kasar karena tergores kotoran, akibatnya permuakaan kasar ini bisa menghambat naik – turunnya skep sehingga respon menjadi lebih lambat.

Oleh karena itu rawatlah teflon skep karbu vakum  menggunakan minyak pelumas yang SAE nya encer (contohnya pelumas SINGER yang biasa digunakan untuk melumasi mesin jahit manual) caranya:

  • Bukalah skep dari badan karburator.
  • Lalu teteskan 2-3 tetes minyak pelumas di permukaan skep.
  • Ratakan dengan jari tangan atau benda lain yang bersih.
  • Masukkan kembali skep ke badan karbu dan naik turunkan skep agar minyak semakin merata.

Skep Karburator

 

Lakukan hal ini sekitar 1 bulan sekali atau tiap kali servis motor sebagai perawatan karbu agar performanya selalu maksimal.

Simak juga ulasan: Sepeda Motor Matic Terbaik di Indonesia

Per Skep

Ada 2 cara untuk merawat per skep, yang pertama adalah dengan memotong per skep, kedua adalah mengganti per skep dengan yang baru.

  • Cara pertama cukup mudah dilakukan yakni cukup dengan memotong per skep bawaan karbu sekitar 3-5 ulir saja menggunakan tang potong, jika memotong terlalu banyak akan membuat skep menggantung, konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dan timbul suara brebet.
  • Cara kedua, lepas per skep standar bawaan karbu, lalu ganti dengan per skep karbu lain yang lebih lembek, cara ini membutuhkan alat pengukur kekerasan/ tekanan untuk per agar mendapat per yang akurat.

Per Skep karburator

Pilot Miture Screw

Untuk menyeting pilot screw ada patokan khususnya yang bisa dilihat di manual book motor masing – masing, untuk mempercepat akselerasi motor, pilot screw dibuka ¼ – ½ putaran lebih besar dari patokan standar, akibatnya putaran bawah pilot screw sedikit lebih boros, namun dengan tambahan gas akan menimbulkan energy pembakaran yang lebih besar, torsi bertambah dan akselerasi menjadi lebih cepat didapat.

Agar setingan ini berjalan maksimal, kondisi pengapian harus disesuaikan dengan spesifikasi businya, hindari penggunaan busi tipe dingin (biasanya tipe racing) karena akan timbul brebet.

Pilot Miture Screw

Jetting

Untuk melakukan step ini memang harus dibutuhkan ketelitian karena jetting ulang karbu skep cukup berpengaruh, jetting ulang sebaiknya dilakukan pada bagian main jet saja untuk membantu putaran atas lebih bertenaga, untuk motor kondisi standar atau penggunaan knalpot aftermarket, penggantian main jet dianjurkan cukup 1 tingkat saja, sementara penggantian pilot jet dan seting ulang needle jet hanya dilakukan jika mesin sudah mengalami modifikasi ekstrim seperti bore up dan stroke up, porting polish atau lainnya.

Pilot Jet dan Main Jet

Karet Vakum

Tips Merawat Karburator Vakum yang terakhir adalah mengganti karet vakum, jika kondisi karet vakum sudah agak rusak, maka segera lakukan penggantian dengan yang baru, karena kondisi karet vakum sangat berpengaruh pada kinerja karburator vakum, cek juga kelenturan karet vakum ini, karena kalau sudah mengeras, dipastikan akan sangat mempengaruhi kinerja mesin, bisa dipastikan kecepatan mesin bisa menurun dan menambah boros konsumsi bensin.

Aneka Karet Vakum Karburator

Dan yang harus jadi perhatian lebih adalah buat tunggangan atau motor yang sudah mengadopsi karbu jenis vakum semisal Honda Beat, Yamaha Mio, dan lainnya biar komponennya lebih awet dianjurkan untuk membiasakan menggunakan bahan bakar unleaded (non timbel), itu dikarenakan timbel yang tidak ikut terhisap akan menumpuk di bodi piston skep, alhasil gerak skep jadi semakin lambat.

Demikian ulasan mengenai tips – Tips Merawat Karburator Vakumsemoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

karbu vakum brebet, cara setting karbu vakum satria fu, cara setting karbu vakum, karbu vakum, setting karburator vakum, karburator vakum, cara menyetel karbu vakum satria fu, cara mengatasi karbu vakum brebet, setting karbu vakum, setting karbu vakum honda beat
Tips Merawat Karburator Vakum Semua Motor | Sabian | 4.5