Tips Merawat Knalpot Motor Orisinil

Tips Merawat Knalpot Motor – Sobat Otorider, setiap motor pasti tidak lepas dari yang namanya perawatan secara berkala. Semua bagian motor pasti akan mengalaminya cepat atau lambat. Perawatan motor dilakukan untuk menjaga performa motor agar selalu maksimal. Berbicara mengenai perawatan, salah satu bagian motor yang wajib diperhatikan adalah perawatan lubang buang, knalpot atau exhaust pipe. Peran knalpot pada motor brader sangatlah vital, fungsinya adalah memproses kembali hasil pembakaran bensin dan udara yang keluar dari ruang bakar agar hasilnya dimanfaatkan sebagai tenaga tambahan. Jika knalpot tersumbat atau tidak berfungsi maksimal tentunya tenaga yang dihasilkan motor tidak maksimal. Untuk mencegah terjadinya itu, crew otorider akan membagikan tips – tips guna merawat Knalpot Motor. Fokus kita pada kali ini akan membahas tentang perawatan knalpot orisinil.

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Tips Merawat Knalpot Motor Orisinil

Tips Merawat Knalpot Motor Orisinil

Pada umumnya knalpot memiliki durasi penggunaan yang cukup lama. Namun dari lamanya penggunaan knalpot, usia knalpot yang semakin tua memungkinkan terjadinya korosi atau karat yag muncul pada dinding gas buang. Hal itu terjadi karena perbedaan suhu dalam dan suhu luar knalpot. Terutama bagi brader yang bertempat tinggal di daerah pesisir pantai, bisa dipastikan korosi akan cepat terjadi diakibatkan oleh kandungan garam yang cukup tinggi pada udara sekitar (akibat air laut yang menguap) sehingga kotoran lebih mudah menempel. Nah guna menjaga performa knalpot orisinil brader tetap maksimal ada beberapa tips dan cara merawat knalpot orisinil yang bisa dicoba:

Simak juga  ulasan: Daftar Knalpot Sepeda Motor Racing Terbaik

  • Pertama brader bisa memperhatikan cara merawat yang simpel sehari – hari. Untuk knalpot orisinil standar 4tak memiliki kecenderungan kering sehingga panas yang dihasilkan mesin bisa cepat menimbulkan karat dan kekuningan akibat kotoran menempel. Untuk menghindarinya brader disarankan untuk memanaskan mesin secukupnya sekitar 2 menit, tidak terlalu lama.
  • Brader juga bisa mencoba untuk membersihkan lubang buang pada silencer dengan menggunakan oli secukupnya dalam kurun waktu 2 bulan sekali. Hal ini juga berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran dan mencegah silincer dan leher knalpot menjadi keropos. Knalpot keropos atau bocor jika dibiarkan akan menghasilkan suara bising serta tenaga motor akan berkurang dan tidak ramah lingkungan.

Karat Pada Knalpot

  • Jika knalpot brader sudah terlanjur mengalami korosi, maka segera bersihkan kotoran yang menempel pada dinding knalpot dengan menggunakan sikat. Cara yang lumayan ampuh dalam tips merawat knalpot motor adalah dengan menggunakan detergen yang dioleskan ke bagian knalpot yang kotor atau berkarat, kemudian sikat kuat – kuat kotoran atau karat tersebut semaksimal dan sebersih mungkin. Jika kotoran atau karat masih membandel, brader bisa menggunakan sikat kawat agar gesekan lebih maksimal dan lebih bersih.

Tips bersihkan kerak dan Merawat Knalpot Motor

  • Jika bagian pipa knalpot sudah bersih selanjutnya brader bisa melakukan tindakan perawatan dan pencegahan agar tidak kembali berkarat dengan cara mengoleskan sedikit oli pada dinding leher knalpot secara merata. Setelah itu panaskan mesin sekitar 2 menit agar oli tersebut menyerap agar leher knalpot tadi menjadi lebih bersih dan kinclong seiring dengan mengelupasnya oli yang kepanasan tadi.

Merawat Knalpot Motor

  • Tips Merawat Knalpot Motor selanjutnya, setelah brader mencuci sepeda motor atau jika motor brader kehujanan, segera keringkan motor brader terutama bagian knalpot.Agar lebih maksimal gunakan cairan anti karat setelah membersihkan. Karena sudah identik dimana – mana jika besi atau logam lainnya terkena air bisa menyebabkan karat.

Cuci Motor

  • Apabila bagian silencer brader berbahan dasar chrome, gunakanlah kain lap lembut untuk mengeringkan atau membersihkan agar tidak menimbulkan goresan. Kan teramat sayang jika kita berniat merawat knalpot malah berakhir dengan menggores knalpot sehingga tampilannya jadi jelek. Jika ada kotoran yang tidak mau hilang, brader bisa mencoba menggunakan oli atau oli bekas yang masih baik.

Cara Membersihkan Knalpot Motor

  • Jika oli pun tidak mampu menghilangkan kotoran, maka gunakan cairan pembersih knalpot. Dijamin kekuatan cairan ini mampu menghilangkan karat secara maksimal. Namun hati – hati menggunakan bahan kimia pembersih knalpot, karena cairan tersebut sangat kuat, jika terkena blok mesin malah bisa melunturkan warnanya.
  • Untuk membersihkan bercak hitam akibat percikan aspal baru bisa menggunaan campuran pertamax plus dan minyak tanah dengan perbandingan 1:2. Oleskan cairan tersebut secukupnya pada bercak tersebut kemudian sikat hingga bercak hilang.
  • Pada bagian bawah silencer knalpot seringkali mengalami penyumbatan. Jika tersumbat cobalah tusuk lubang pembuangan air tersebut dengan lidi atau paku kecil agar pembuangan kembali lancar.
  • Terakhir, brader bisa periksa kebocoran paking knalpot dan kekencangan baut penyangga knalpot. Karena jika terjadi masalah pada bagian tersebut, akan mengakibatkan hasil proses pembuangan gas yang tidak sempurna sehingga  konsumsi bahan bakar jadi boros.

Paking knalpot

Demikian ulasan mengenai Tips Merawat Knalpot Motorsemoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

modifikasi leher knalpot fu agar tidak karat, cara menghilangkan karat pd knalpot supra x 125 bagian silincer, cara menghilangkan karat pada leher knalpot, cara mengering knalpot Mio walaupun knalpot, cara mengatasi knalpot fu jelek, cara mencuci knalpot yamaha xeon, cara membuka knalpotmotor bebek honda supra fit new, cara membersikan knalpot metik standar, cara membersihkan knalpot 4 tak, untuk perawatan spd motor di daerah pesisir
Tips Merawat Knalpot Motor Orisinil | Sabian | 4.5