Tips Merawat Motor 4 Tak Dengan Mudah

Setiap para pengendara motor mau tidak mau maka harus melakukan sebuah perawatan pada motor pribadinya dengan harapan agar motor yang digunakan tersebut dapat awet sampai bertahun tahun ,mempunyai motor yang terawat dengan baik pastinya hal ini dapat membuat bahan bakar menjadi irit dan mesin motor yang akan awet.

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Bagi anda yang mempunyai motor dengan type mesin empat tak maka anda dapat mencoba beberapa tips yang akan saya bahas dibawah ini yang mungkin akan berguna dan bermanfaat untuk menambah wawasan anda tentang bagaimana cara merawat motor empat tak yang baik dan benar.

Sebenarnya ada banyak sekali macam tentang cara perawatan dan pemeliharaan sepeda motor yang dapat dilakukan secara berkala yang diantaranya yaitu sbb :

1.Periksa Keadaan Busi Sepeda Motor

Sebelum anda pergi berkendara alangkah baiknya jika memeriksa busi dahulu agar mesin anda lancara. Anda dapat cek busi pada motor apakah dalam kondisi masih layak pakai atau  tidak laya lagi , jika masih dalam kondisi layak pakai atau bisa digunakan lagi maka pasanglah kembali namun jika memang sudah tidak dapat lagi digunakan maka anda dapat mengganti dengan yang baru . Saran untuk penggantian busi baiknya dilakukan jika motor anda telah mencapai 12.000 km agar pembakaran akan tetep optimal.

2.Lakukan pengecekan pada saringan karburator

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan di internet bahwa filter karburator itu terbagi menjadi dua , yaitu filter karburator basah dan kering. Untuk model filter karburator basah cukup dibersihkan menggunakan bensin dan setelah dibersihkan kemudian dapat anda lumasi kembali dengan oli,biasanya sih untuk filter model tersebut yakni motor keluaran tahun 1990 hingga 2000 an , untuk model sekarang mungkin sudah sedikit.

3.Periksa Bagian Setelan rantai dan Gir Motor.

Ketika anda berkendara baik jarak jauh ataupun hanya sekedar jalan jalaln maka sebaiknya perhatikan rantai motor anda , usahakan jangan biarkan rantai motor anda menjadi kendor atau menjadi terlalu kencang, karena apabila rantai motor dalam kondisi kendor maka dapat menyebabkan rantai menjadi putus. Kemudian jika rantai dalam keadaan kering, bahkan sampai mengeluarkan bunyi – bunyi, maka anda dapat melumasinya dengan menggunakan pelumas rantai. Untuk penggantian Rantai biasanya jika telah mencapai 25.000 km sampai 35.000

4.Membersihkan karburator

Bagi anda yang menggunakan sepeda motor jenis karburator maka perawatan ini pastinya harus dilakukan agar bensin dari tangki tidak akan tersumbat ke ruang pembakaran alias berjalan secara normal. Untuk anda yang memiliki dasar mekanik silahkan tangani dengan baik namun jika anda tidak mengerti masalah motor maka sebaiknya anda membawanya ke bengkel – bengkel terdekat.

5.Cek Kondisi Batray atau Air Aki atau Aki pada motor.

Untuk melakukan tahap pengecekan aki khususnya untuk motor motor pengeluaran tahun 2000 keatas umumnya menggunakan jenis aki kering maka untuk setiap 3 tahun sekali aki motor tersebut harus diganti agar menjadi lebih maksimal dalam sistem kelistrikan pada motor anda.

6.Penaskan Mesin Motor

Bagi anda yang ingin mendarai motor sebaiknya panaskan mesin motor anda terlebih dahulu sebelum dijalankan atau digunakan , hal ini agar oli oli pada mesin motor melumasi seluruh bagian komponen komponen di dalam mesin. Untuk memanasi motor cukup sampai 2 menit saja.

7.Gunakan Suku cadang yang asli

Walaupun yang pada umumnya sparepart yang asli itu terbilang mahal namun jika untuk kenyamanan dan keawetan menurut saya sih tidak masalah . Suku cadang asli tu banyak keuntungan selain seperti awet ,nyaman dan juga barang asli tebrbilang kerkualitasnya beda jauh dengan barang yang tiruan atau palsu.

8.Ganti Oli mesin Motor Anda

Dalam pergantian oli motor ada hal yang perlu anda diperhatikan ialah jarak tempuh motor anda. Pada dasarnya petunjuk pemakaian biasanya 1500/km hingga 4000/km . Untuk jarak tempuh 200 sampai 500km sebaiknya anda segera mengganti oli setiap 1,5 bulan . Apa bila jarak yang anda tempuh telah mencapai diatas 500 km per bulannya maka sebaiknya ganti oli yaitu setiap sebulan. Berbeda lagi jika untuk jarak tempuh yang jauh hingga 200 km / hari maka sebaiknya anda mwengganti oli motor tiap 2 minggu sekali atau setiap 1200 km.

Bagaimana dengan tips saya kali ini.? Semoga saja dapat bermanfaat untuk anda dan jangan lupa beri tahu para rider lainnya dengan cara share postingan ini.. Sekian dan terima kasih

Tips Merawat Motor 4 Tak Dengan Mudah | iyhan | 4.5