Tips Merawat Motor 4 Tak Sendiri

Tips merawat motor 4 Tak – Sobat Otorider yang memiliki motor 4 tak pasti melakukan perawatan minimal 1 bulan sekali untuk menjaga performa kendaraan, untuk itu beberapa pemilik motor tentu lebih memilih pergi ke bengkel yang sudah menyediakan teknisi untuk memanjakan kendaraan kesayangan, namun tahukah Anda bahwa sebenarnya perawatan kendaraan sederhana bisa dilakukan sendiri.

Rekomendasi Informasi Tentang Perkembangan Motor Otomotif Disini

Tips Merawat Motor 4 Tak Sendiri

Perawatan kendaraan secara individu tentu akan membuat motor 4 Tak yang dimiliki makin garang karena kondisinya selalu terjaga, lalu seperti apa cara merawat motor 4 Tak sendiri? berikut kami bagikan tips merawat motor 4 Tak mudah sendiri:

  • Tips merawat motor 4 Tak yang pertama adalah memeriksa kekencangan rantai motor, jika rantai kendor kencangkan dengan jarak bebas 20-30mm hal ini penting dilakukan untuk memastikan kenyamanan sobat otorider saat berkendara.
  • Hal lainnya yang perlu dilakukan adalah  memeriksa tekanan angin ban motor, tekanan angin yang pas pada ban akan menjaga keawetan umur ban dan mengurangi pemborosan bahan bakar sebab saat ban bocor motor mengeluarkan lebih banyak tenaga.
  • Setelah tekanan ban dicek dan tidak bermasalah, selanjutnya cek bagian rem sobat Otorider bisa mengisi minyak rem tersebut sesuai standar yang biasa digunakan jika minyak rem berada dibawah batas minimal (tipe cakram).
  • Jika bagian rem sudah beres, maka sobat bisa memeriksa ketinggian oli mesin penting untuk diingat, jangan sampai oli mesin dalam keadaan habis karena bisa menyebabkan mesin motor rusak dan aus, karena itu lakukanlah pengecekan secara berkala, dan segera isi dengan jenis oli yang sama apabila oli berada di batas minimal.
  • Selanjutnya sobat Otorider bisa mengecek ketinggian air radiator (type motor berpendingin radiator misalnya, New Vixion, dan lain-lain), jika air radiator berada di bawah batas minimal atau habis, maka lakukanlah pengisisan sampai batas maksimal, jangan sampai air radiator di motor brader kehabisan, karena akan menyebabkan mesin motor bermasalah.
  • Selanjutnya periksalah air Accu (aki motor), jika berada dibawah batas, coba tambahkan dengan air accu tambah (biasanya tutup kemasan warna biru) yang umumnya bisa dibeli di bengkel motor terdekat.

Baca juga: Setting Motor Satria FU, Tune Up Murah Tapi Tidak Murahan

Setelah membahas tips merawat motor 4 tak, selanjutnya Otoride akan membagikan tips service motor 4 Tak yang pasti akan berguna untuk memaksimalkan kinerja kendaaraan yakni:

  • Lakukan pembersihan filter udara

Caranya lepaslah baut yang terhubung pada saringan, lalu coba bersihkanlah saringan udara tersebut dengan mesin kompresor khusus untuk filter tipe busa.

Tips Merawat Motor 4 Tak Sendiri Membersihkan Filter Motor

  • Lakukan Pembersihan karburator

Lepaskanlah karburator dari tempatnya, lalu coba bongkar dan lepas komponen karburator satu-persatu, setelah semuanya lepas lakukanlah pembersihan masing-masing komponen menggunakan bensin, gunakan mesin kompresor untuk menyemprot bagian yang tidak terjangkau, setelah semua dibersihkan pasang kembali semua komponen dengan benar dan pasang karbulator di tempat asalnya.

Tips Merawat Motor 4 Tak Sendiri Merawat Karburator Motor

  • Penyetelan Celah Katup klep

Langkah pertama, bukalah penutup katup in dan ex kemudian Top kan, lalu lepaskan/kendorkan baut pengunci katup, lalu masukan filler dicelah katup dan setel katup (putar baut) sesuai standarnya, lalu kencangakan baut pengunci dengan menahannya dan pasang kembali semuanya.

Tips Merawat Motor 4 Tak Sendiri Setel Klep

  • Penyetelan Rantai

Lakukan penyetelan rantai motor dengan melepas atau mengendorkan baut yang terdapat pada as roda, kemudian setel rantai dengan standar jangan terlalu kencang atau kendor, setelah pas kencangkan/pasang kembali baut pada as roda.

Tips Merawat Motor 4 Tak Sendiri Setel Rantai

  • Pembersihan/Penggantian Busi Motor

Lepaskanlah busi motor, kemudian bersihkan busi tersebut menggunakan sikat kawat, setelah bersih pasang kembali busi motor pada tempatnya.

Tips Merawat Motor 4 Tak Sendiri Membersihkan Busi

Memiliki motor yang jarang dirawat atau di service itu ibarat orang yang jarang mandi, brader tentu bisa membayangkan tampilan orang jarang mandi pastinya akan terlihat bau, kumuh, dan tidak enak dipandang mata ‘kan? nah sekarang bayangkan itu terjadi pada motor Sobat Otorider sendiri, kendaraan akan terlihat jelek dan tidak nyaman saat dipakai untuk perjalanan.

Itulah beberapa tips merawat motor 4 Tak sekaligus melakukan service secara mandiri, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di Otorider.net. jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, Twitter, dan google+. Yuk, biasakan merawat motor mulai dari sekarang agar kendaraan bisa tetap memiliki performa maksimal, salam keep safety riding brader.

Tips Merawat Motor 4 Tak Sendiri | Sabian | 4.5