Tips Merawat Motor Injeksi Irit Biaya

Tips Merawat Motor Injeksi Irit Biaya – Saat ini, motor injeksi telah menjadi salah satu produk motor yang berteknologi revolusioner. Karena teknologi ini bisa membuat sistem pemabakaran makin efektif. Karena itulah, emisi gas buangnya menjadi makin rendah. Jadi bisa dibilang bahwa teknologi ini lebih ramah lingkungan dibandingkan yang lainnya.

Baca Juga : Tips Memilih Bohlamp untuk Headlamp Motor yang Tepat

Karena, bila dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, pengabutan dari bahan bakar ini masih memakai karburator. Namun, saat ini sudah lebih disempurnakan lagi menggunakan bantuan teknologi injector yang dapat secara efektif dalam menyemprotkan partikel bahan bakarnya menjadi lebih lembut lagi. Dikarenakan partikel yang telah disemprotkan ini masuk ke dalam ruang bakar yang lebih kecil, karena itulah sistem proses pembakarannya makin cepat.

Tips Merawat Motor Injeksi Irit Biaya

Bahkan, dari tahun 2014 yang lalu, hampir keluaran motor terbaru secara keseluruhan telah memakai sistem injection untuk pemask bahan bakarnya. Hanya saja, namun sayangnya banyak konsumen yang justru tidak mau menggunakan sepeda motor yang memakai sistem injeksi ini. Mereka mengira bahwa proses perawatannya rumit dibandingkan menggunakan sistem karburator. Padahal, bila dibandingkan dengan motor yang masih memakai sistem karburator, perawatan sepeda motor yang menggunakan sistem injeksi itu jauh lebih mudah dan simple dari sistem karburator.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Untuk proses perawatannya sendiri juga lebih mudah. bila dalam motor yang masih menggunakan teknologi karburator itu harus dibongkar dulu karburatornya untuk proses merawatnya. Barulah setelah itu, bersihkan bagian slow jetnya dan juga main jetnya. Namun, ini berbeda sekali bila Anda menggunakan sepeda motor dengan menggunakan teknologi injection.

Pada sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi injection ini, maka pemasukan dari bahan bakarnya telah dikontrol dengan baik oleh sistem teknologi electronic control unit atau sering disebut juga dengan ECU. Perangkat yang satu ini bekerja didasarkan pada input yang berasal dari sensor yang terdapat di dalam kendaraan. Sensor inilah yang nantinya akan bertugas sebagai pengirim sinyal menuju ke ECU berdasarkan kondisi mesinnya.

Untuk pemilik kendaraan sepeda motor berteknologi injection ini mungkin Anda pernah mengalami masalah seperti sedang mbrebet. Sebenarnya hal ini bisa saja terjadi karena ada salah satu sensornya sedang bermasalah. Namun, hal ini jarang sekali terjadi. Karena sensor tersebut telah diesain dengan baik agar lebih tahan dari semua kondisi. Maka dari itulah, bila mesin sepeda motor injection Anda mengalami gejala mbrebet, bisa jadi komponen sistem bahan bakarnya sedang kotor. Sehingga, harus segera dibersihkan.

Kotoran tersebut bisa saja ada di dalam bagian injector dan sudah cukup lama mengerak dibagian ruang bakar. Maka dari itulah, bagian ini menjadi bermasalah. Jadi, bagaimanakah cara untuk membersihkannya itu? Sebenarnya untuk membersihkan kotoran ini sangat mudah! Anda bisa membersihkannya memakai bantuan dari cairan khusus untuk membersihkan karbon. Untuk Yamaha sendiri sebenarnya telah menyediakan sebuah cairan khusus, bernama Yamalube Carbon Cleaner.

Cara untuk memakainya sendiri sangat mudah. yaitu, Anda hanya perlu mencampurkannya dibagian ruang bakar. Jadi, saat pembakaran karbon mulai mengerak dibagian silinder menjadi ikut terbakar. Setelah itu, akan hilang dengan gas yang telah dibuang emisinya. Cairan pembersih karbon tersebut harus dipakai secara berkala agar dapat merawat motor injeksi ini. Dengan begitu, kinerja mesin motor menjadi lebih maksimal dan lebih awet. Jadi, bila sebelumnya Anda merasa bahwa motor injeksi itu perawatannya susah, maka Anda salah besar!

Tips Merawat Motor Injeksi Irit Biaya | Sinta Rizki Fadila | 4.5