Tips Merawat Oil Cooler Milik Satria F150

Tips Merawat Oil Cooler Milik Satria F150 – Ternyata, sampai pada saat ini masih ada banyak orang dan pengguna yang salah kaprah, saat berbicara tentang oil cooler milik motor Satria F150. Karena banyak di antara dari mereka yang mengira bahwa ini adalah radiator. Memang sepintar saat dilihat dari segi manapun terlihat ada sebuah kesamaan bentuk di antara keduanya. Padahal, sebenarnya kedua komponen tersebut memiliki fungsi yang tidak sama.

Baca Juga : Tips Merawat Motor Injeksi Irit Biaya

Bahkan, cara kerja dari oil cooler milik motor Satria F150 ini merupakan salah satu komponen yang berguna untuk mendinginkan suhu oli pelumas. Setelah itu, disirkulasikan memakai bantuan dari pompa. Dengan begitu, suhu satria yang umumnya memiliki ukuran kapasitas silinder yang berukurancukup besar, maka perbandingan kompresinya yang ukurannya cukup besar pula akan menjadi terjaga.

Tips Merawat Oil Cooler Milik Satria F150

Maka dari itulah, supaya bagian ini bisa bekerja lebih optimal lagi, maka diperlukan sebuah perawatan dengan cara periodik. Selama ini, bisa dibilang bahwa teknologi dari Suzuki memang sudah ada dari tahun 2005 yang lalu. Selama itu, tidak pernah terjadi masalah sedikitpun. Hanya saja, ada juga sejumlah part yang berkaitan, yang bila terjadi masalah, hal ini bisa mengganggu sistem kerja dari oil cooler itu sendiri. Bila hal ini terjadi, otomatis akibatnya adalah mesin motor Satria F150 ini menjadi mudah sekali overhead.

Cara Merawat Oil Cooler



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Oil cooler itu penting sekali untuk diperhatikan bagi setiap pengguna motor. Karena bagian komponen ini akan membantu suhu mesin motor agar selalu tetap stabil dalam kondisi yang lebih baik. Di bawah ini akan kami berikan tips jitu untuk merawat oil cooler paling praktis dan mudah, agar motor Anda selalu terjaga, antara lain:

Filter Oli

Komponen yang satu ini berguna untuk menyaring kotoran yang telah tercampur pada bagian oli pelumas. Maka dari itulah, agar dapat menyaring kotoran dengan baik, dibutuhkan penggantian bagian ini secara teratur, setidaknya setiap 3x sekali dalam pergantian oli setiap waktu.

Lakukan Pengecekan Kebersihan dari Filter Oli

Bila ternyata terlihat ada kotoran dibagian filter oli ini, hal ini bisa membuat sirkulasinya menjadi terganggu dan terhambat pula. Sirkulasi yang berasal dari oli pelumas bisa menjadi bermasalah bila tidak segera dibersihkan. Maka dari itulah, sebaiknya jagalah kebersihan dengan baik.

Pastikan Gear untuk Pompa Oli Masih Aktif Bekerja

Pompa ini berguna sekali untuk memberi tekanan pada bagian oli pelumas. Dengan begitu, bagian ini dapat bersikulasi dengan baik. Jika ternyata ada masalah, tentu saja akibatnya adalah sirkulasinya menjadi terhambat juga. Masalah yang seperti ini sudah biasa terjadi pada oil cooler motor. Yaitu adanya rompal dibagian salah satu gigi pada gear pompa oli itu. Sehingga, Anda harus selalu memastikan bahwa pompanya masih dapat bekerja dengan baik sebelum berjalan.

Jadi, kesimpulannya adalah, bila ternyata filter olinya beserta pompa olinya dapat bekerja dengan baik, hal ini akan membuat kinerja dari oil cooler juga tidak akan ada masalah. Dengan begitu, suhu temperature dari oli pun akan selalu terjaga. Hal yang seperti ini penting sekali, karena bila ternyata terjadi overhead. Tentu saja hal ini akan membuat komponen yang lainnya menjadi rusak. Misalnya saja seperti silinder headnya yang menjadi bengkok, kompresinya menjadi bocor, dan masih banyak hal dan masalah yang lainnya.

 

 

Tips Merawat Oil Cooler Milik Satria F150 | Sinta Rizki Fadila | 4.5