Tips Mudah Merawat Kaca Spion

– Tips Mudah Merawat Kaca Spion – Spion merupakan salah satu bagian terpenting di kendaraan baik motor ataupun mobil, tanpa adanya spion Anda tidak dapat berkendara dengan selamat. Meskipun kecil bagian ini kerap sekali di sepelekan dan dilupakan oleh beberapa pengendara bermotor. Padahal bagian ini merupakan salah satu bagian yang perlu perawatan, namun terkadang hal ini sering kali terlupakan oleh beberapa pengendara. Dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat tentunya akan berdampak terhadap kaca spion yang cepat kotor dan buram.

Karena memiliki fungsi yang penting, spion kendaraan harus dijaga dan dirawat dengan baik. Apalagi di cuaca yang kurang bersahabat seperti saat ini. Berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat dan menjaga spion kendaraan Anda.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Inilah beberapa tips mudah merawat kaca spion

#1 Tips merawat spion

  1. Menghilangkan noda lumpur
    Saat hujan tiba biasanya di bahu jalan akan terdapat genangan air, baik di jalan kecil ataupun di jalan besar seperti ringroad. Kemungkinan spion akan terkena cipratan lumpur memang sangat kecil, namun jika suatu saat Anda sedang berkendara saat hujan deras dan spion Anda terciprat lumpur Anda tidak perlu merasa kesal dan cemas. Yang perlu Anda lakukan adalah langsung membersihkannya ketika lumpur masih basah. Jika lumpur yang terkena spion sudah mengering, langkah yang perlu Anda lakukan adalah mengambil air sabun kemudian mencipratkannya di spion yang terkena lumpur, diamkan beberapa saat kemudian gosok secara perlahan sampai lumpur yang ada di spion terlepas.
  2. Membersihkan karat di spion
    Air hujan dapat menyebabkan karat di bagian spion. Karat tersebut menyebabkan spion menjadi susah di gerakkan dan susah diatur. Untuk menghilangkan karat tersebut dapat dilakukan dengan cara melepas spion kemudian dibersihkan bagian rongga gerak dengan menggunakan kain bersih atau kuas. Jika karat dirasa membandel Anda dapat mengamplas karat tersebut hingga bersih. Selain cara tersebut Anda juga dapat mengganti spion Anda dengan spion yang baru, namun bagi Anda yang merasa mengganti kaca spion itu memerlukan biaya yang banyak, maka Anda dapat melakukan cara yang pertama saja.
  3. Menghilangkan bercak air
    Bercak air kerap kali muncul di kaca spion, baik saat cuaca panas atau cuaca hujan. Karena bercak air ini sulit untuk di hilangkan, maka untuk menghilangkannya dapat menggunakan cairan asam, yakni dengan menggunakan campuran antara vinegar dan air. Perbandingannya yakni 2:1. Mengapa perlu di campur dengan air terlebih dahulu? Agar cairan yang digunakan tidak terlalu pekat, sehingga kaca spion tetap aman. Asam vinegar ini adalah salah satu zat asam yang aman digunakan untu membersihkan kaca spion.
  4. Jangan malas
    Biasanya setelah hujan, kita akan membiarkan kendaraan dalam kondisi basah dalam waktu yang cukup lama. Sesungguhnya kebiasaan tersebut perlu di tinggalkan karena sangat berakibat fatal bagi kendaraan Anda, meskipun hanya terkena hujan gerimis. Jika Anda mengetahui kondisi kendaraan Anda basah, ada baiknya jika Anda langsung mengelapnya dengan menggunakan kain lap kanebo. Biasanya kain ini sudah tersedia di kendaraan Anda. Jika di kendaraan Anda tidak terdapat kain kanebo, sebaiknya mulai saat ini Anda harus membelinya dan menyimpannya di kendaraan Anda.
    Selain itu, jika Anda sedang berpergian dan dirasa cuaca akan segera turun hujan, ada baiknya jika Anda memilih tempat parkir yang teduh dan dapat melindungi motor Anda dari percikan air hujan. Sehingga saat beraktifitas di luar rumah Anda tidak perlu merasa khawatir terhadap kendaraan Anda.

Itulah beberapa tips yang dapat kami sampaikan mengenai merawat spion kendaraan. Semoga tips-tips tersebut dapat bermanfaat. Baca juga artikel-artikel terkait lainnya Tips Praktis Merawat Jok Motor

 

Tips Mudah Merawat Kaca Spion | Winda Sarah Audina | 4.5