Tips Praktis Merawat Jok Motor

Tips praktis merawat jok motor – Jok merupakan salah satu komponen yang terdapat dimotor yang sering kali dilupakan oleh penggunanya. Padahal kenyamanan dalam berkendara dapat dipengaruhi oleh jok motor yang digunakan, jika jok yang Anda gunakan nyaman dan empuk maka saat menempuh perjalanan jauh pun Anda tidak akan merasa pegal dan kaku. Namun jika jok motor Anda keras maka perjalanan dekat pun akan dapat membuat Anda pegal dan kaku.
Jok motor terbagi menjadi beberapa jenis yang dapat dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya, seperti jok motor berbahan dasar calp soon, jok motor berbahan dasar kulit sintetis, jok motor berbahan dasar kulit asli dan lain sebagainya. Dari semua bahan dasar tersebut semuanya memiliki peran yang sama dalam menunjang kenyamanan saat berkendara.
Sesungguhnya terdapat banyak cara untuk menjaga dan merawat jok motor, namun hal tersebut sering dilupakan karena merawat jok dianggap tidak penting. Jika jok dibiarkan saja dan tidak dirawat maka lama kelamaan jok motor Anda akan berubah warna dan mulai robek atau berlubang. Agar terhindar dari hal tersebut ada baiknya jika Anda mulai memperhatikan jok motor Anda. Dibawah ini terdapat beberapa tips untuk merawat jok motor.

Inilah beberapa tips praktis merawat jok motor

#1 Tips merawat jok motor

Untuk merawat jok motor terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya tentang kebiasaan yang sering Anda lakukan terhadap jok motor Anda, diantaranya adalah :



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R
  1. Jok motor kepanasan
    Sering sekali kita lupa menempatkan motor di tempat yang teduh apalagi jika kita sedang berpergian dan tempat parkir yang disediakan terletak di tempat terbuka. Sinar matahari yang panas dapat menyebabkan warna dari jok motor akan memudar.
  2. Muatan jok motor
    Ada kalanya Anda perlu membawa barang-barang yang sesungguhnya tidak aman di bawa menggunakan motor namun karna beberapa alasan Anda terpaksa mengangkutnya dengan motor. Barang dengan kontur berduri ada baiknya jika melapisi barang tersebut menggunakan kardus atau kain tebal sebelum menaruhnya diatas jok. Hal tersebut akan melindungi jok Anda dari goresan dan meminimalisir jok berlubang.
  3. Cuci jok motor
    Saat Anda sedang mencuci motor Anda, ada baiknya jika Anda mengecek ulang bagian jok Anda, apakah jok Anda berlubang atau tidak. Jika jok motor Anda berlubang ada baiknya jika Anda menutup terlebih dahulu lubang yang terdapat di jok. Hal tersebut agar menghindarkan air yang merembes hingga kedalam spons jok.

#2 Alat-alat pembersih jok motor

  1. Shampo khusus
    Saat mencuci motor khususnya jok, ada baiknya jika Anda menggunakan shampo pembersih khusus jok motor. Penggunaan shampo pembersih yang sesuai akan menjadikan jok motor Anda lebih bersih dan berkilau.
  2. Kain bersih
    Saat mengeringkan atau membersihkannya, ada baiknya jika Anda menggunakan kain lap yang bersih dan lembut jangan sesekali Anda menggunakan kain yang kasar. Hal tersebut untuk meminimalisir goresan pada jok motor Anda sehingga kemungkinan jok berlubang akan semakin kecil.
  3. Semir khusus
    Tanpa Anda sadari kebiasaan menyemir jok motor dengan menggunakan semir untuk ban mobil itu adalah kebiasaan yang salah. Meskipun hasil yang Anda dapatkan adalah jok motor yang berkilau namun hal tersebut akan membuat kondisi jok motor Anda semakin buruk. Pasalnya bahan-bahan yang terkandung di semir ban dapat merusak dan memperparah kondisi jok Anda. Ada baiknya jika Anda mulai menghentikan kebiasaan tersebut dan mulailah mengganti semir yang khusus untuk jok motor.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Kami sampaikan mengenai merawat jok motor agar tetap bersih dan berkilau, semoga dapat menambah pengetahuan Anda dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel-artikel terkait lainnya.  Tipe Aki Motor yang Harus Diketahui Bikers

Tips Praktis Merawat Jok Motor | Winda Sarah Audina | 4.5