Tips Setting Motor Drag 4 Tak

Tips Setting Motor Drag 4 Tak

Setting Motor Drag  – Sobat Otorider, mungkin dari sebagian kita adalah penggemar balap motor, entah itu dari kelas motoGP, balapan sirkuit nasional, balap drag race, balapan liar (yang ini jangan ditiru karena tidak aman) atau jenis balapan lainnya, salah satunya jenis balap motor drag adalah balapan trek lurus 201m yang sarat akan kecepatan dan respon mesin tinggi, memang sangat menarik untuk diperhatikan, apalagi dengan semakin majunya dunia balap sehingga membuat para pecinta motor berlomba – lomba untuk membuat inovasi modifikasi dan tune up motor yang terbaik.

Motor drag racing adalah yang sedang ngetren saat ini, membuat penyuka kecepatan tinggi dan para mekanik ingin berpartisipasi, dan kenyataannya balap drag bike tidak hanya dipakai untuk balap saja, atau juga sekadar penampilan sehari-hari, alhasil sepeda motor standar pun siap berubah wujud dan fungsi jadi lebih trondol.

Motor drag adalah salah satu motor yang cukup digemari anak muda di masa ini, motor drag mungkin sekilas memang terlihat seperti motor urakan atau motor jalanan, namun justru setingan tersebutlah yang bisa membuat motor drag bisa berlari lebih cepat buat brader yang menyukai motor drag, crew otorider.net sudah menyiapkan artikel cara setting motor drag yang bisa brader coba, bagi brader yang ingin modifikasi motor menjadi motor drag akan memerlukan budget yang tidak sedikit, setidaknya sediakan budget sekitar 5 hingga 10 juta harus disiapkan, dalam modifikasi dan setting motor drag bike membutuhkan kualitas yang mumpuni.

Setting Mesin Motor Drag

Untuk merancang sebuah motor khusus drag dibutuhkan pengetahuan khusus dan teknik  dasar modofikasi mesin yang harus dimengerti, untuk mempermudah brader belajar setting motor drag, berikut adalah tips – tips Setting Motor Drag yang bisa dipraktekan pada motor brader.

Memilih Mesin Terbaik

Memilih Mesin Terbaik

Mesin merupakan komponen kunci dari kualitas motor drag, karena balapan drag sangat membutuhkan kualitas dan performa mesin yang baik, jadi pilihlah mesin motor yang berkualitas, hal pertama yang perlu diperhatikan pada boring mesin yang akan dimodifikasi.

Pengapian yang Maksimal

Pengapian yang Maksimal

Pengapian motor sangat berpengaruh dengan performa mesin, mesin dengan kapasitas besar akan memerlukan support dari sistim pengapian yang baik, tentunya setelah mengganti mesin, komponen pengapian orisinil motor brader tidak memberikan support yang maksimal, oleh karena itu brader juga harus mengganti komponen pengapian motor seluruhnya mulai dari CDI, Spul dan koil yang lebih responsif dan cocok untuk kapasitas mesin baru motor brader.

Simak juga ulasan: Sepeda Motor Paling Irit Bahan Bakar di Indonesia

Ukuran Piston dan Klep yang Seimbang

Ukuran Piston dan Klep yang Seimbang

Dalam setting mesin motor drag ukuran piston dan klep haruslah seimbang karena sangat mempengaruhi keseimbangan motor, gantilah piston dan klep lama brader dengan piston serta klep yang spesifikasinya sesuai dengan kapasitas mesin yang baru, kenali dulu tiap piston dan klep yang sesuai dengan motor brader.

Bubut Noken As atau Camshaft Sesuai Piston dan Klep

Bubut Noken As atau Camshaft Sesuai Piston dan Klep



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Untuk langkah yang satu ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, butuh keahlian khusus dari mekanik berpengalaman agar hasil bubut bisa maksimal, dalam modifikasi motor drag, pembubutan noken as atau camshaft harus disesuaikan dengan ukuran diameter piston dan klep pada motor brader masing – masing, sementara membubut noken dengan ukuran extreme tidak dianjurkan pada modifikasi motor drag.

Porting Polish

Porting Polish

Porting IN dan EX, ini juga salah satu kunci dari sebuah mesin motor 4 tak, karena pada bagian ini udara dan bahan bakar masuk kedalam mesin yang kemudian di buang setelah melalui proses pembakaran sehingga menghasilkan tenaga untuk menggerakan roda, dalam porting tidak lah harus selalu mempunyai lubang yang besar tetapi pas tepat sesuai spek yang lainya dan juga yang tak kalah penting dalam membuat porting yaitu bebas hambatan.

Peningkatan Kapasitas Mesin Dengan Stroke Up

Peningkatan Kapasitas Mesin Dengan Stroke Up

Bagian Stroke Up juga cukup penting dalam meningkatkan performa motor drag, karena Stroke Up berguna untuk menambah kapasitas CC motor melonjak drastis, jika Stroke Up yang tinggi, maka CC motor akan semakin bertambah.

Trik diatas harus dilakukan dengan teliti dan sempurna demi mendapatkan hasil yang maksimal, sebagai saran, brader terutama yang pemula harus sering – sering berdiskusi dengan ahli mekanik motor drag agar mengetahui komponen – komponen yang cocok untuk motor brader, karena jenis mesin serta komponen lain khusus modifikasi motor drag sangatlah beragam pilihannya, sedikit kesalahan dalam memilih komponen bisa mengakibatkan performa motor tidak maksimal dan berakibat fatal.

Rasio atau Transmisi

Rasio atau Transmisi

Rasio atau juga disebut transmisi, pada bagian ini adalah bumbu pelengkap membuat motor jadi kencang sempurna karena pada bagian inilah yang mengatur percepatan motor brader untuk melaju kencang, gunakanlah rasio yang tipe Close Ratio, sebuah transmisi merupakan seperangkat gigi-gigi penerus daya  dimana mereka memiliki perbedaan yang kecil antar setiap nilai perbandingan terhadap tingkatan selanjutnya,arti kata close adalah berdekatan, angka-angka perbandingan gigi rasio ada dalam rentang numerik yang lebih kecil, hingga saling mendekati satu sama lain.

Karburator

Karburator

setting karbu motor drag, karena karburator yang bertugas mengatur seberapa banyak udara dan bahan bakar yang masuk kedalam mesin yang selanjutnya di bakar yang menghasilkan tenaga, pada bagian ini sebaiknya gunankan diameter venturi karbu yang lebih besar dari karbu standart, sebagai patokan yaitu cukup 80-90% dari diamter klep IN, jika menggunakan karbu ori, reamer atau bubut venturi karbu pada bagian atasnya.

Setting ulang pilot jet dan main jet karbu, karena jika masih menggunakan spuyer bawaan karbu tentu sangat tidak mumpuni menyuplai power mesin yang sudah di bore up, cara mudah yaitu dengan bisa pakai karburator Sudco 24 atau Keihin PE28.

Kampas Kopling

Kampas Kopling

Kampas kopling, sangat terasa percuma jika semua perubahan mesin telah di lakukan tetapi bagian kopling di abaikan, karena tenaga yang besar dihasilkan dari pembakaran yang besar tidak dapat di salurkan kopling menuju roda (rasio) karena slip kopling, dalam hal ini bisa mengganti plat kopling menggunakan racing, per kopling racing, dan kalo mau ganti rumah kopling dengan per 6 yang sekarang sudah banyak produk racing.

Demikian ulasan mengenai tips – tips Setting Motor Drag semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di www.otorider.net. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Artikel Terkait:

  • cara setting motor drag (81)
  • seting motor drag (58)
  • settingan motor drag (57)
  • cara nyeting motor drag (51)
  • mesin drag (39)
  • cara seting drag (35)
  • mesin motor drag (34)
  • setting motor drag (34)
  • cara setting karburator motor drag (29)
  • seting drag (28)
Tips Setting Motor Drag 4 Tak | Sabian | 4.5