8 type motor yang nyaman untuk perjalanan mudik lebaran (2017)

8 type motor yang nyaman untuk perjalanan mudik lebaran – Tidak terasa bulan Ramadhan akan segera tiba, salah satu hal yang erat kaitannya dengan bulan Ramadhan selain ketupat yakni tradisi mudik atau pulang kampung. Biasanya orang-orang akan berbondong-bondong untuk segera memesan tiket perjalanan ketika di kalender sudah menunjukkan tanggal merah atau tanggal cuti lebaran.

Namun ada juga yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi karena dianggap lebih mudah dan tidak perlu khawatir ketika kehabisan tiket.

Salah satu kendaraan pribadi yang sering digunakan untuk mudik yakni motor. Mereka memilih menggunakan motor karna dianggap lebih cepat dan dapat menyelip-nyelip ketika jalanan macet total. Namun biasanya para pengendara motor kurang memperhatikan indikator aman atau keselamatan.

Meskipun mudik menggunakan motor itu merupakan hal yang lebih mudah, namun Anda juga harus memperhatikan beberapa indikator agar saat mudik Anda merasa nyaman dan sampai kampung halaman dengan selamat. Anda juga perlu memperhatikan kondisi motor Anda saat sebelum digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh. Di bawah ini terdapat 8 type motor yang dapat Anda gunakan untuk mudik ataupun untuk perjalanan jauh.

8 type motor untuk perjalanan jauh

#1. Review Tentang Motor Sport

A. Honda MegaPro

Jika Anda memiliki type motor ini maka Anda dapat dikatakan beruntung. Motor ini sangat nyaman saat digunakan untuk berkendara dan irit bahan bakar. Motor ini juga memiliki suspensi yang balance .Tidak hanya itu harganya juga tidak terlalu mahal. Namun sayangnya, kelemahan motor ini yakni handlingnya agak berat dan tenaga mesin yang kurang powerfull.

B. Yamaha Byson 150

Bagi Anda yang memiliki hobi touring, Anda wajib memiliki type motor jenis ini. Type ini memiliki mesin berkapasitas 160 cc, tidak hanya itu stabilitas dan handlingnya pun stabil. Motor ini juga memiliki kapasitas tangki yang cukup besar sehingga lebih irit bahan bakar. Namun kekurangan dari type ini yakni tidak ada radiator, dan tenaga mesin dianggap kurang garang untuk ukuran motor diatas 150 cc.

Baca Juga : 7 Cara Mudah Membuat Motor Kita Menjadi Motor Drag (Balap)

C. Bajaj Pulsar 180 DTS-i



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Type jenis motor ini memang dirancang untuk perjalan jauh. Keunggulan dari motor ini yakni pada saat trek jalan lurus dan panjang, sangat cocok untuk digunakan touring, suspensi belakangnya nitrogen, dan irit bahan bakar. Namun type ini lemah di jalanan berkelok karna handling motor ini berat, suspensi di bagian depan lebih empuk, terdapat getaran di bagian batok lampu, jaringan servisnya kurang, dan bannya licin.

D. TVS Apache RTR 160

Motor ini memiliki kombinasi yang apik antara kecepatan dan handling yang ringan. Type ini memiliki jenis stang jepit yang pas jika digunakan di area perkotaan, selain itu type jenis ini juga irit bahan bakar. Motor ini sangat tidak cocok jika digunakan untuk perjalanan jauh karena dapat membuat Anda pegel-pegel.

2. Review Untuk Motor bebek

A. Yamaha Jupiter MX 135

Type motor ini sangat cocok saat digunakan di daerah pegunungan atau daerah yang memiliki tanjakan yang cukup banyak. Tenaga mesin type ini sangat power full, selain itu handling dari motor ini juga lincah, tidak hanya itu meskipun tenaga mesin ini sangat power full motor ini memiliki radiator yang menjaga mesin tetap dingin. Namun, kelemahan dari type ini boros bensin, bagasi kecil, terdengar bunyi mesin, dan getaran yang cukup terasa.

B. Honda Supra-X 125

Untuk type jenis ini, keunggulannya adalah irit bahan bakar, mesinnya sudah injeksi, rem belakang cakram, dan cukup bertenaga. Namun kelemahan dari type ini yakni suspensinya kaku, handlingnya kurang lincah, dan jok motor yang keras.

C. Suzuki New Shogun 125

Motor bebek ini memiliki berbagai keunggulan untuk menempuh perjalanan jauh, seperti mesin yang power full, suspensi yang empuk, handling yang lincah, dan stabilitas yang baik. Namun kekurangannya adalah lampu LED yang mudah mati dan terdapat masalah stationer untuk mesin ijeksi.

D. Kawasaki ZX 130

Bila Anda melakukan perjalanan jauh dan ingin membawa barang keperluan yang cukup banyak, type jenis ini dapat menjadi pilihan Anda saat berkendara. Kelebihan type ini yakni tangki bensin di bagian depa, bagasi yang luas, suspensi yang nyaman, dan ukuran jok yang besar. Namun, kelemahan dari type ini adalah mesinnya kurang bertenaga, handlingnya kurang nyaman, dan cukup boros bahan bakar.

Itulah beberapa type motor yang dapat Anda gunakan untuk mudik atau perjalanan jauh. Apapun type motor yang Anda gunakan, hal yang terpenting adalah keselamatan saat berkendara. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat. Baca juga artikel-artikel terkait lainnya.

Artikel Terkait:

  • motor yg nyaman untuk mudik (1)
  • touring mudik 2017 (1)
8 type motor yang nyaman untuk perjalanan mudik lebaran (2017) | Winda Sarah Audina | 4.5