Ciri Ciri Vespa Darling Special 90

Ciri Ciri Vespa Darling Special 90 – Sejak dimunculkan untuk yang pertama kalinya di tahun 1940-an yang lalu, motor Vespa itu memang sudah hadir ke dalam banyak varian model. Setiap jenis motor vespa itu sendiri punya bentuk dan ciri khas yang tersendiri. Sehingga, hal ini bisa membuat para pecinta motor skuter yang berasal dari Italia ini semakin memuja keberadaannya. Salah satu motor skuter yang disukai banyak orang adalah dari Piaggio. Motor ini punya keunikan tersendiri. Vespa Special 90 atau motor Vespa Darling ini begitu unik.

Baca Juga: Motor Yamaha Terbaru 2019 Mendatang Di Indonesia

Motor ini termasuk ke dalam salah satu versi motor Vespa dengan small frame yang telah dibuat oleh Piaggio di era tahun 1960-an demi memenuhi permintaan pasar disaat itu. Sama seperti namanya, motor Vespa small frame ini telah memiliki desain ukuran body yang jauh lebih kecil dan jauh lebih ramping. Untuk kapasitas mesinnyapun juga lebih rendah demi menghemat pemakaian konsumsi bahan bakarnya.

Vespa Darling

Untuk keluarga dari kategori motor berbentuk small frame, motor Vespa Darling ini memang masih sangat jarang sekali terlihat bila dibandingkan dengan saudaranya yang jauh lebih populer, misalnya saja seperti motor Vespa PTS 90. Tidak hanya itu saja,  banyak juga kalangan yang sering menyamakan motor motor ini dengan varian motor dari Vespa PTS 90 ini. Padahal, jika dilihat secara mendalam, sebenarnya motor ini memiliki lampu depan berbentuk bulat, dengan ukuran speedometer yang jauh lebih kecil, begitu juga untuk ukuran dimensi joknya yang lebih kecil.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Untuk pegangan ban serepnya juga lebih baik, sampai dengan posisi karburator yang diletakkan didalam mesin motor. Selain hal itu, sama halnya dengna motor vespa klasik pada umumnya, motor Vespa Darling ini memiliki model tangki bahan bakar yang dibuat menyatu bersamaan dengan wadah oli samping motor. Maka dari itulah, tak jarang pula bila para pemilik skuter ini umumnya langsung menuangkan oli bagian sampingnya bersamaan dengan bensin yang ada di dalam tangki yang berukuran sebesar 5,2 L supaya bisa menyatu dengan sangat baik ke dalam mesin.

Berlanjut dibagian sektor jantung pacunya, motor vespa yang satu ini membawa kapasitas mesin yang hampir sama seperti milik motor PTS 90. Karena motor skuter yang satu ini membawa mesin dengan tipe 2 stroke, rotary valve induction, dengan silinder tunggal yang berukuran sebesar 88,5 CC. Dengan berbekal kapasitas mesinnya itulah membuat skuter ini bisa memberikan kecepatan yang lebih maksimal sampai menyentuh angka hingga 70 km/ jam. Di bawah ini adalah spesifikasi khusus dari motor Vespa Darling, antara lain:

  • Memiliki jarak sumbu roda berukuran sebesar 1.180 mm.
  • Memiliki ukuran dimensi sebesar 1.665 mm x 670 mm x 1.015 mm.
  • Memiliki ukuran jarak ke tanah mencapai 225 mm.
  • Memiliki kapasitas berat kosong sebesar 73 kg.
  • Memiliki kapasitas bahan bakar sebesar 5,2 L.
  • Menggunakan suspensi depan berupa coil spring dan juga hydraulic shock. Sedangkan, untuk suspensi belakangnya memakai coil spring dan juga hydraulic shock absorber.
  • Sistem pengereman depannya menggunakan rem tromol berukuran sebesar 125 mm, sedangkan rem belakangnya juga rem tromol, tapi berukuran sebesar 150 mm.
  • Untuk ukuran diameter x langkahnya berukuran sebesar 47 mm x 51 mm.
  • Mesin karburatornya menggunakan Dell’Orto SHB 16/10.
  • Daya paling besarnya bisa mencapai 6 Hp, dengan putaran mesin sebesar 6.000 rpm.

Ciri Ciri Vespa Darling Special 90 | Sinta Rizki Fadila | 4.5