Cara Merawat Vespa Tua yang Benar

Cara Merawat Vespa Tua yang Benar – Skuter atau sering disebut juga degan sebutan dari Vespa Tua ini adalah sebuah kendaraan yang sangat berumur. Vespa ini sudah ada dari tahun 1950 yang lalu hingga di tahun 1975. Sekalipun harga jualnya sampai mencapai selangit, ternyata tak jarang pula bila motor ini kerap dianggap sering kali rewel dan membuat susah penggunanya.

Baca juga: Yamaha Xmax Akan Hadir dengan Roda Tiga?

Entah itu dimulai dari ancaman mogok di jalanan dan onderdilnya sangat sulit sekali dicari. Karena saat ini pihak pabrik sudah menghentikan proses produksinya. Sehingga, hal ini membuat para pecinta skuter enggan untuk mencobanya sehari-hari. Padahal, sebenarnya proses untuk perawatan dari skuter yang sudah tua ini tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan.


Vespa Tua

Di bawah ini adalah beebrapa tips untuk merawat Vespa Tua yang benar agar tidak mogok dan lebih tahan lama, antara lain:

Mesin

Agar kinerja mesin dari motor tua ini tetap bagus, maka Anda harus melakukan service secara berkala. Setidaknya, cobalah untuk melakukan service ini setiap 3 bulan sekali secara rutin. Selain hal itu, sebaiknya jangan lupa juga untuk selalu mengganti olinya setiap menempuh 500 km. Dengan cara inilah akan membuat citra vespa yang dianggap mudah mogok ini bisa langsung hilang bila Anda melakukan kebiasaan untuk service motor ini secara rutin.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Bila Anda ingin menggunakannya untuk harian, maka Anda juga harus lebih rutin dalam melakukan pengecekan terhadap platinanya. Sehingga, dengan cara inilah bisa membuat sistem pengapiannya terlihat lebih normal. Namun, bila motor tua ini jarang sekali digunakan, sebaiknya cobalah untuk memanaskannya setiap 1 minggu sekali.

Tak hanya itu saja, supaya dibagian mesinnya nanti tetap awet dan tahan lama, sebaiknya jangan lupa untuk selalu mengecek kebersihan dari tangki dan juga karburator motor. Karena, beberapa orang sering kali malas untuk membawa oli sampingnya untuk campuran bensin. Sehingga, mereka lebih suka membeli bensin campur eceran yang terlihat kotor.  Dengan cara inilah, maka tangkinya harus segera difilter dan harus selalu dicek kebersihannya.

Sehingga, dengan begitu endapan kotorannya nanti tidak sampai masuk ke dalam karburator motor. Karena bila sampai ada kotoran yang masuk, hal ini bisa membuat mesin motor Vespa Tua ini menjadi bermasalah dan semakin ngadat.

Bodi

Skuter layaknya vespa tua itu pada umumnya sering kali didominasi dengan penggunaan bahan dari logam. Itu artinya, ancaman terhadap terjadinya karatan bisa menjadi semakin lebih besar lagi. Maka dari itulah, supaya Anda bisa merawatnya dengan baik dan body-nya tetap mulus dan terhindar dari karatan, maka sebaiknya bila terkena air hujan, maka Anda harus segera mencucinya dengan air bersih. Beberapa orang lebih suka melakukan pengecetan ulang dibagian bodynya agar body motor ini bisa terlihat lebih baru lagi dalam acara festival show.

Perseneling

Perseneling adalah salah satu bagian utama skuter dari Vespa. Bila Vespa tua ini kerap terkena air hujan, maka hal ini bisa menyebabkan terjadinya korosi dibagian perseneling motor. Maka dari itulah, Anda harus melakukan pelumasan yang anti korosi secara rutin dibagian perseneling yang satu ini. Sehingga, motor ini bisa terbebas dari korosi.

Selain beberapa hal tersebut, sebenarnya tidak ada larangan khusus atau pantangan khusus untuk pemilik motor Vespa ini. Karena sebenarnya cara penggunaan dan proses perawatannya sama seperti motor skuter pada umumnya.

Cara Merawat Vespa Tua yang Benar | Sinta Rizki Fadila | 4.5