Yamaha R1 Vs Yamaha R1M, Mana Pilihanmu?

Yamaha R1 Vs Yamaha R1M, Mana Pilihanmu – Yamaha adalah salah satu pabrikan motor dari jepang yang kerap sekali memanjakan konsumennya dengan cara menghadirkan berbagai macam kendaraan  yang menarik dan mampu menyita hati para konsumennya. Salah satu produk yang cukup ramai dibicarakan adalah motor Yamaha R1M dan juga Yamaha R1. Manakah yang paling terbaik di antara keduanya? Karena bisa dibilang bahwa keduanya mempunyai banyak sekali kemiripan.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Yamaha R15 Terbaru 2018

Sebagai contoh dilihat dari segi rangka yang dipakainya dalam menopang dan membangun si kuda besi yang satu ini. Karena memakai rangka dari alumunium Delta Box. Ada juga yang membandingkan di antara R1M ini dengan Kawasaki H2R. Karena keduanya sama-sama mempunyai ukuran dapur pacu yang sangat besar. yaitu mencapai 998 CC.

Yang membuatnya semakin menarik adlah, ternyata motor Yamaha R1M ini sebelumnya pernah dibaawa oleh YMIM ke Indonesia dalam GIIAS, di tahun 2015 yang lalu. Saat itu, motor ini hanya dihadirkan ke dalam 1 pilihan warna saja. yaitu berwarna Silver Blue Carbon. Sedangkan untuk R1M ini adalah sebuah motor yang menggunakan teknologi balap, seperti milik Rossi. Sedangkan untuk harga jualnya mencapai 28 M rupiah, untuk Yamaha M1.

Dengna harga jual dari M1 Rossi yang senilai 28 M rupiah inilah menjadikan si kuda besi Rossi ini sebagai salah satu motor yang paling mahal. Untuk kapasitas mesinnya sendiri berukuran sebesar 998 CC, lengkap dengan teknologi DOHC, 4 silinder, 4 tak, lengkap dengan 16 katup berpendingin cair. Sehingga, motor ini bisa menghasilkan kekuatan power sampai dengan 147.1 kW dalam putaran mencapai 13.500 rpm. Sedangkan, untuk torsi paling besar mencapai 112.4 Nm dalam putaran sebanyak 11.500 rpm.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Untuk transmisinya sendiri berjumlah 6 percepatan. Maka dari itulah, pergerakannya sangat maksimal, mencapai 300 km/ jam untuk top speednya. Sedangkan, pemakaian bahan bakarnya mencapai 15 km/ L. Jadi, dilihat dari segi perbedaan di antara motor Yamaha R1M dengan R1 ini sebenarnya sangat tipis sekali. Karena keduanya sama-sama menjadisuper bike seperti motor Yamaha YZR milik Rossi.

Sistem pengereman yang digunakannya juga sama. Yaitu memakai cakram ganda hidrolik berukuran diameter sebesar 320 mm, dengan 4 kaliper piston di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang menggunakan cakram tunggal berukuran 220 mm. Keduanya ini sudah dilengkapi dengan teknologi ABS dan unified brake system yang membuatnya lebih aman saat sedang dikendarai. Untuk topspeednya sendiri mencapai 300 km/ jam. Sehingga, hal ini menjadikan si kuda besi ini bisa melesat di jalanan dengan jalan yang super cepat.

Perbedaan Yamaha R1M Vs R1

Pertama, dilihat dari harganya, R1 dijual enilai 495 jutaan rupiah, dengan kapasitas mesin sebesar 250 CC. Sedangkan, motor R1M dijual senilai 645 jutaan rupiah. Di Indonesia sendiri hanya dijual terbatas. Yaitu sebanyak 10 unit saja. dimana perinciannya masing-masing adalah 5 unit untuk YZF – R1 dengan YZF – R1M.

Kedua, untuk type mesinnya R1M sudah menggunakan kapasitas sebesar 998 CC, teknologi DOHC, 4 silinder, 4 tak, 16 katup pendingin cair. Untuk diamter langkahnya sebesar 79 mm x 50.9 mm. Sedangkan perbandingan rasio kompresinya sebesar 13 : 1. Sedangkan, untuk power maksimalnya mencapai 147,1 kW dalam putaran 13.500 rpm, dengan jumlah torsi paling besar mencapai 112, 4 Nm dalam putaran sebesar 11.500 rpm. Selain itu, mtoor ini memakai transmisi constan mesh dengan 6 percepatan dan lengkap pula dengan teknologi fuel injection. Sedangkan, untuk Yamaha R1 hanya menggunakan mesin yang sama. Namun power maksimalnya hanya mencapai 133.9 kw, dalam putaran mencapai 12.500 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 115.5 Nm dalam putaran sebanyak 10 ribu rpm.

 

Yamaha R1 Vs Yamaha R1M, Mana Pilihanmu? | Sinta Rizki Fadila | 4.5