Yamaha R1 Siap Membawa Seamless Girboks Berteknologi Maju

Yamaha R1 Siap Membawa Seamless Girboks Berteknologi Maju – Yamaha R1 adalah salah satu motor super bike yang mana kali ini akan dihadiran dengan tenaga dan teknologi yang lebih berbeda. Karena kali ini, Yamaha siap membawa teknologi yang paling terdepan di kelasnya. Khususnya untuk kapasitas 1 L yang sudah menadi teknologi barometer paling terbaru saat ini.

Seperti yang telah diketahui, bahwa Yamaha merupakan salah satu motor pertama yang sudah menawarkan sebuah crank shaft cross plane di dalam kelas R1 di tahun 2009 yang lalu. Teknologi yang dibawanya tersebut telah diaplikasikan ke dalam varian dari motor balap GP. Hal iini berlaku sama juga dengan motor dari BMW HP4 Race yang telah membawa sasis serat karbon yang sudah dikembangkan ke dalam varian dari Moto Gp.

Baca Juga : Cara Memanaskan Motor yang Lama Menganggur

Tentu saja dengan adanya teknologi inilah membuatnya bisa mengurangi berat dan juga kekakuan ketika sedang balapan. Dilihat dari segi tampilan patennya, terlihat  bahwa motor ini seakan-akan ingin menjadi kelas yang pertama yang telah menghadirkan gearbox seamless yang didapatkan dari Moto GP untuk superbike di kelas liternya, yaitu YZF-R1.



Lagi TREND !!! Baca : Honda CB150R

Bila Anda sudah memakai quich shifter sebelumnya, maka Anda sudah psati tahu seberapa cepatkah jumlah peningkatannya ataupun penurunan terhadap down shift dari pada menggunakan teknologi berupa seamless gearbox. Beberapa insinyur Honda yang ada dalam tim Repsol Honda di tahun 2011 telah menyatakan bahwa perpindahan gigi bisa menjadi semakin lebih cepat. Bahkan, dapur pacunya tersebut ternyata bisa semakin lebih cepat dalam hitungan mili detik seperti dalam penggunaan transmisi matic.

Simple-nya adalah, transmisi mulut itu tidaka akn menjadi netral di antara melepaskan gigi yang telah digunakan dan gigi yang akan dimasukkan. Hal ini bisa melibatkan rasio selanjutnya, saat rasionya yang satu ini masih berjalan. Sistem yang seperti ini sangat canggih untuk sebuah Moto GP. Dimana didalamnya memiliki pawls kecil yang banyak di dalam bagian roda gigi yang telah mengunci dan juga membuka bagian kunci roda gigi saat masuk ke dalam mode ratchet.

Maka dari itulah, dengan membawa motor Yamaha R1 ini, maka Anda bisa mempunyai 2 gear yang telah bekerja secara besamaan. Sementara itu, di bagian giginya masih tetap lambat dan juga lebih cepat dari pada pawls. Yang mana itu artinya adalah belum ada gangguan dibagian drive-nya.

Tak hanya itu saja, yang membuatnya semakin lebih menarik adalah karena prosesnya tersebut tidak mengalami pergeseran yang lebih cepat, namun pergeserannya masih tetap lancar. Transmisi inilah yang nantinya akan memberikan banyak rasa kepercayaan diri utnuk melkaukan perpindahan persneling atau ketika sedang meningkung jalanan dengan kecepatan yang tinggi. Metode ini nanti kabarnya akan diterapkan ke dalam motor Yamaha YZF-R1.

Sekalipun kelihatannya terdengar bagus, namun ternyata teknologi gearbox yang diusungnya ini cukup kompleks dan harganya juga sangat mahal. Bahkan, untuk biaya sewa tahunan gearbox yang mulus ini mencapai 3000 euro di beberapa tahun. Bisa dibilang bahwa produk ini kemungkinan besar akan mengisyarakatkan produk di masa depan, namun tidak akan selalu menjadi sebauh indikator untuk model produksi masal.

Namun meskipun begitu, bila gear box ini nanti akan didatangkan untuk sebuah motor massal, sudah pasti Yamaha siap untuk menemukan solusi terbaik yang bisa memberikan seamlass yang jauh lebih murah.

Yamaha R1 Siap Membawa Seamless Girboks Berteknologi Maju | Sinta Rizki Fadila | 4.5